Sabtu, 17 November 2018

Penmad Kolaka Menggelar Bimtek Aplikasi Rapor K13 dan Sosialisasi Juknis PHB Pada RA dan Madrasah

  • Rabu, 07 November 2018 13:55 WIB
Suasana Bimtek Aplikasi Rapor K13 dan Sosialisasi Juknis PHB Pada RA dan Madrasah

Kolaka (Inmas Sultra) --- Satu lagi bentuk perhatian Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Rapor Kurikulum 13 (K13) dan Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Hasil Belajar (PHB) Pada Raudathul Atfal (RA) dan Madrasah Se-Kab. Kolaka (Rabu, 07/11).

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kolaka, Drs. H. Abdul Aziz Baking, M.Pd membuka kegiatan Bimtek ini didampingi Kepala Seksi Penmad, Dr. Ahmad Tanaka, M.Pd. memberikan sambutan dan arahan tentang pelaksanaan bimtek aplikasi ini kepada peserta yang hadir terdiri dari Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum dan para Kepala RA.

"Saya sangat apresiasi melihat animo seksi penmad dalam menciptakan dan mewujudkan madrasah berkualitas dengan berbagai inovasi peningkatan sumber daya yang ada menjadi madrasah hebat. Namun semua ini tidak akan terwujud tanpa kesepahaman dan keinginan yg sama dari seluruh komponen," ungkap beliau mengawali.

Penguasaan Informasi dan Teknologi (IT) saat ini sangat diperlukan sebagai penunjang aktifitas kerja. Sebagai unsur yang berperan pada dunia pendidikan, kita dituntut untuk semakin meningkatkan akuntabilitas kinerja seorang guru termasuk laporan belajar siswa bahkan absensi. Untuk itu guru diharapkan mempunyai perencanaan pembelajaran sebagai rujukan dalam mengevaluasi belajar siswa yang sedianya bisa disajikan dengan penggunaan dan penguasaan IT.

"Suka tidak suka, penyajian informasi dan layanan saat ini perlu menguasai IT dan itu harus berjalan. Beberapa kesempatan yang lalu saya sudah menghimbau kepada Seksi Penmad untuk mengidentifikasi madrasah dan RA yang belum berorientasi kinerja berbasis IT dengan berbagai pengembangan aplikasi," kata Aziz Baking.

Saat ini, Kementerian Agama pusat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) telah mengupayakan berbagai aplikasi peningkatan kualitas informasi dan layanan untuk madrasah dan RA guna menciptakan Madrasah Hebat.

"Aplikasi Rapor K13 ini diciptakan sebagai penunjang penilaian hasil belajar siswa agar dapat melihat dan mengakses informasi pesdik lebih cepat dan akurat," tambahnya.

Peran pengawas juga sangat penting sebagai supervisor yang senantiasa dapat memberikan motivasi sekaligus menilai kinerja seorang guru sebagai upaya ke arah yang lebih baik.

"Kalau hari ini belum mampu, ada upaya bagaimana terus mengasah kemampuan dan memanfaatkan IT karena sudah tidak ada pilihan untuk tidak menjalankan. Hal ini termasuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja dan merubah mainset pelayanan yang menciptakan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bersih Bebas Melayani," tandasnya.

"Harapan saya, perlu kita cermati sekitar kita saat ini, penerimaan CPNS saja sudah Sistem CAT dengan mengutamakan pemanfaatan IT. Kalau kita tidak menguasai atau minimal mengenal IT, maka kita akan tertinggal. Untuk itu, kualitas madrasah dan RA tergantung bagaimana upaya kita untuk berubah," harapnya mengakhiri.

Peserta Bimtek terdiri dari Wakil Kepala Madrasah dan Kepala RA Se-Kab. Kolaka sejumlah kurang lebih 60 orang. (AJ).

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 72 kali