Sabtu, 17 November 2018

Cegah HIV AIDS, MTsN 1 Bombana Gandeng Puskesmas Gelar Sosialisasi

  • Rabu, 07 November 2018 07:19 WIB

Rumbia, (Inmas Sultra)--- Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana yang terdiri dari siswa kelas VII sampai kelas IX mengikuti Sosialisasi Ancaman Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syindrome (AIDS). Disini para siswa diberi informasi tentang HIV/AIDS, baik dari segi penularan, pencegahan dan penaggulangan HIV yang digelar selasa (06/11/18).

Sosialisasi tersebut disampaikan salah satu narasumber dari tim kesehatan kabupaten Bombana. dr Ine Erliana selaku ketua tim sosialisasi. Ine mengatakan, Sosialisasi Edukasi HIV dan AIDS melatar belakangi kesadaran masyarakat khususnya para siswa akan masalah yang dihadapi dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV dan AIDS di Indonesia.

"Sebab, pada usia sekolah ataupun usia remaja, sangat rentan dengan tertularnya virus HIV AIDS. Diharapkan melalui sosialisasi ini mereka akan lebih mengerti dan berhati -hati dalam pergaulan, serta ilmu pengetahuan yang mereka terima dapat disampaikan kepada keluarga maupun masyarakat sekitarnya," jelas Ine.

Dikatakannya, tim penyuluhan kesehatan yang melibatkan tim dari Puskesmas Kecamatan Kabaena, tidak pernah bosan turun kemasyarakat maupun lingkungan sekolah, dengan berbagai materi kesehatan lainnya. Sasaran sosialisasi itu adalah para siswa usia 15 - 24 tahun.

Hal ini dilaksanakan karena pihaknya berkomitmen untuk menyebarkan pengetahuan yang benar dan komprehensif tentang HIV dan AIDS  kepada seluruh kaum muda usia 15 - 24 tahun, khususnya para siswa SMA/MA, SMP/MTs Se Pulau Kabaena.

Disamping itu, Kepala MTsN 1 Bombana Drs Lukman MM saat dikonfirmasi via ponselnya menuturkan, dengan adanya penyuluhan sosialisasi edukasi HIV dan AIDS ini, para siswa dari MTsN 1 Bombana mengetahui dan dapat menghindari bahaya dan resiko yang  dihadapi akan bahaya HIV dan AIDS ini.

"Sosialisasi ini sangat penting karena menyikapi fenomena saat sekarang ini, banyak sekali usia muda yang terinfeksi HIV dan AIDS," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan (Wakamadsis) Idrus AMd, dan para dewan guru MTsN 1 Bombana.(mal)

Sumber : -
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 40 kali