Sabtu, 17 November 2018

Buka Perkemahan Rohis Nasional III, Menag Ajak Rohis Tebarkan Kedamaian

  • Selasa, 06 November 2018 17:26 WIB

Belitung, (Inmas ,Sultra) - Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, Selasa, (6/11/2018) membuka secara resmi Perkemahan Rohis siswa SMA/SMK tingkat Nasional III di Bumi PerkemahanJuru Seberang, Kecamatan Tanjung pandan, Kabupaten Belitung.

Pembukaan kemah rohis ini, ditandai dengan pemukulan rebana secara bersama oleh Menag, Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fattah dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sultra, H.M. Natsir, beserta para pembina dan pendamping asal Sulawesi Tenggara.

Kepada peserta Rohis 2018, Menag berpesan untuk senantiasa memperluas dan memperdalam wawasan pengetahuan, tidak hanya di bidang keislaman namun di semua aspek kehidupan. 

"Wawasan harus diperluas dan diperdalam agar tidak sempit pikiran. Rohis harus senantiasa memiliki cara pandang yang mengedepankan hal positif dan tidak mudah terjebak pada hal pesimis," katanya.

Pesan selanjutnya, pahami Islam secara esensial dan subtansial. Inti ajaran pokoknya adalah memanusiakan manusia. Islam memiliki akar kata yang sama dengan Assalam yaitu kedamaian. Maka tebarkan selalu kedamaian.

Kemudian jadilah penebar maslahah, bukan masalah. Sebaik manusia adalah yang paling banyak dan besar manfaat yang bisa ditebarkan kepada lingkungan masing-masing sehingga keberadaan kita bisa dirasakan manfaatnya, kita memiliki wawasan yang luas, keterampilan yang baik dan semangat berislam menyebarkan kedamaian," tandas Menag.

Ditempat yang sama, Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin mengatakan selain menjadi agen moderasi agama yang penting posisinya dalam ber NKRI, melalui perkemahan ini diharapkan peserta Rohis dapat mewarnai media sosial dan mendesiminasikan informasi-informasi positif. 

"Pada perkemahan kali ini pegiat rohis diwajibkan membawa gadged dengan melakukan pendokumentasian baik dalam bentuk gambar maupun video. Diharapkan, siswa Rohis sebagai generasi milenial seyogyanya memiliki kemampuan bermedsos yaitu bagaimana bersikap saat memperoleh informasi dan menjadi penyeimbang arus informasi yang kadang tidak terkendali," ujar Kammarudin Amin dalam laporannya.

Perkemahan Kerohanian Islam (Rohis) Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018 merupakan kegiatan Kementerian Agama melalui Direktorat Agama Islam (PAI). Gelaran yang berlangsung 5-10 November di Bumi Laskar Pelangi itu mengusung tema membentuk generasi Islam milenial yang literat dan moderat. Pembukaan Rohis 2018 diakhir dengan penampilan tarian kolosal dan menyanyikan lagu Laskar Pelangi dari seribuan peserta.

Sumber : -
Penulis : Waliullah. S. IP
Editor : Waliullah. S. IP
Dibaca : 33 kali