Sabtu, 17 November 2018

Tiga Madrasah Asal Sultra Unjuk Skill dalam Madrasah Robotic Competition 2018

  • Minggu, 04 November 2018 20:21 WIB
Serangkaian Kegiatan Kompetisi Robotik Madrasah Nasional di Depok Jabar 2018

Depok (Inmas Sultra) --- Tiga madrasah asal Sultra unjuk kemampuan dan keterampilan dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 (Madrasah Robotik Competition). Kegiatan ini, digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Ajang kompetisi robot tingkat madrasah ini merupakan gelaran yang keempat kalinya semenjak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015. Pada tahun 2018 ini, Kompetisi Robotik Madrasah akan diselenggarakan pada tanggal 3-4 November 2018 di Depok Town Square, Depok Jawa Barat.

Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi kemampuan para siswa madrasah mulai dari tingkat MI, MTs, hingga MA dalam bidang robotika dan otomasi. Peserta akan saling berlaga dalam merakit dan memprogram robot.

Di tahun 2018 ini, Kompetisi Robotik Madrasah mengangkat tema "Robotm Rescue", Robot yang berfungsi untuk mitigasi bencana alam. Sehingga robot-robot yang dilombakan harus diarahkan memiliki kemampuan dalam melakukan penanggulangan bencana alam.

Lomba Robotik Madrasah ke-4 Tahun 2018 diadakan dalam tiga tingkatan kelompok usia yaitu untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Terkait dengan keikutsertaan kontingen robotik asal Sultra, kepala bidang Pendidikan madrasah, Mansur, S. Pd. MA sangat mengapresiasi tim dari Sulawesi Tenggara.

"Hari ini di Depok Jawa barat bersama Generasi Hebat dari MAN IC Kota Kendari, MTsN 1 Kendari, MIS Al Mukminin Kota Kendari Pada event Kompetisi Robotik Nasional Tahun 2018, selamat kepada siswa dan pembina seemoga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk madrasah di Sultra" ungkapnya.

Saat dikonfirmasi oleh tim humas Kemenag Sultra Kabid Penmad, Mansur, S. Pd. MA menyebutkan bahwa untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah hanya melombakan satu kategori yaitu Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana. Sedang bagi MTs dan MA, masing-masing terdiri atas dua kategori yakni Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana dan kategori Rescue Robot Mobile.

"Tim robotik madrasah asal Sultra diwakili tiga kelompok. Kelompok pertama untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diwakili tim MI Al Mu’minin Kendari yang mengikuti kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana. Kelompok kedua Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) diwakili MTsN 1 Kendari yang mengikuti kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana. Adapun kelompok ketiga, untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) wakil dari MAN IC Kota Kendari yang mengikuti kategori Robot Resque Mobil," bebernya.

Masih kabid Penmad Kanwil Kemenag Sultra, Mansur, menjelaskan bahwa sebelum dilaksanakan kompetisi, pada tanggal 3-4 November 2018 di Depok Town Square, para peserta asal Sultra terlebih dahulu mengikuti serangkaian kegiatan. Setiap peserta wajib mendaftarkan diri secara online. Tahapan pendaftaran peserta ini dilaksanakan pada tanggal 4-16 Oktober 2018 melalui situs http://madrasah.kemenag.go.id/mrc2018/. Hingga akhirnya pemanggilan kontes robotik madrasah nasional ini 03 s.d. 04 November 2018.

Pihaknya menjelaskan pula, sebagaimana rilis panitia pelaksana bahwa masing-masing jenjang akan dipilih pemenang dalam beberapa kategori kejuaraan yang meliputi: Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana, dengan kategori kejuaraan untuk masing-masing jenjang yang meliputi: The Best Original Idea, The Best and Simple Construction, The Best Technology, The Best Applied Robot, The Best Presentation

Adapun kategori, Rescue Robot Mobile, dengan kategori kejuaraan untuk masing-masing jenjang yang meliputi: The Best Logaritma, The Best Fastest Robot, The Best Point, The Best Construction and Maximal Robot, The Best Design.

Untuk itu, selaku ketua kontingen yang membawa tim robotik madrasah asal Sultra menyampaikan terima kasih kepada pihak yang mendukung baik moril maupun materil terhadap para siswa terutama kepada guru dan kepala madrasah.

"Terimakasih kepada Kepala madrasah, guru pembimbing atas kerja kerasnya dalam menyiapkan siswa madrasah sehingga bisa mengangkat citra Madrasah Sultra di Tingkat Nasional. Para siswa hebat ini, menjadi peserta yang banyak mendapatkan perhatian baik dari panitia, dewan Juri dan pejabat Kemenag RI. Terutama untuk dua kategori Robot yang dikompetisikan yaitu Rescue robot mobile dan Rancang Bangun. Untuk itu, mohon dukungan doa seluruh warga madrasah di Sultra, Insya Allah siswa kita menjadi yang terbaik" pungkasnya.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 111 kali