Sabtu, 17 November 2018

Kontingen Pesparani Katolik Tingkat Nasional I 2018 asal Sultra Gondol 5 Medali

  • Sabtu, 03 November 2018 06:56 WIB
Suasana closing ceremony Pesparani Tingkat Nasional I di lapangan Merdeka Kota Ambon

Ambon (Inmas Sultra)---Perhelatan akbar Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional I tahun 2018 yang digelar di Kota Ambon berakhir pada Kamis malam (01/11) malam. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menutup pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani)  Katolik Nasional I yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Ambon.

Menteri Yohana didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua Umum Pesparani Zeth Sahuburua, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) Adrianus Meliala menabuh tifa sebagai tanda berakhirnya Pesparani yang dibuka oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Sabtu (27/10/2018).

Menteri Yohana mengapresiasi Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon yang sukses menggelar dan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesparani Katolik pertama kali digelar di Indonesia ini. Menteri Yohana mengaku terkejut dengan kemeriahan Pesparani Katolik di Kota Ambon.

Program unggulan Direktorat Jenderal Bimas Katolik Kementerian Agama RI yang dimulai pada 27 Oktober2018
Berdasarkan laporan dari pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sultra, Leonardus yang dirilis via whatsApp kontingen Pesparani KatolikI Sultra menggondol 1 medali emas (Gold), 3 Medali Perak dan 1 Perunggu. Hal ini juga dilaporkan oleh sekretaris Pesparani Nasional Pertama asa Sultra, Alexander Budi Setia.

"Hasil lomba Pesparani Katolik Nasional Pertama di Ambon, untuk komtimgen Sulawesi Tenggara, meraih prestasi yang membanggakan, untuk cabang Menyanyikan Mazmur Anak raih medali Silver (Perak), cabang menyanyikan Mazmur Remaja meraih Medali emas (Gold), cabang Menyanyikan Mazmur Dewasa raih medali Perak (Silver), cabang Tutur Kitab Suci raih Perunggu (Bronze), serta Paduan Suara Dewasa Vampuran (PSDC) berhasil gondol medali Perak (Silver). Beber Budi Setia.

Menurut Budi Setia juri kali ini sangat apresiatif terhadap Peserta Pesparani I Ambon Ini. Sistem penilaian juri dengan mengambil rentang nilai 80-an ke atas Gold, 70-80 silver. Selebihnya di bawah 70 Bronze. Yang pasti kata dia Sultra dapat 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Adapun yang memperoleh Nilai tertinggi mendapatkan champion.

"Pencapaian luar biasa tahun ini bagi kontingen Sultra di Pesparani Tingkat Nasional I di Ambon. Selamat kepada seluruh peserta Pesparani I asal Sultra.semoga pada perhelatan akbar Pesparani tahun berikutnya Sultra bisa mengikuti seluruh cabang lomba," Terangnya.

Menurut Leo, yang juga sebagai pembimas Katolik Kemenag Sultra, dari cabang lomba yang dilaksanakan pada ajang Pesparani I, menurut Leo bertujuan untuk meningkatkan potensi dan peran serta umat Katolik melalui unjuk pengetahuan, kreativitas, keterampilan, kemahiran, dan keahlian dalam ajaran Katolik terutama pada Menyanyikan Mazmur, bertutur kitab suci dan paduan suara gerejani.  Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada seluruh stake holder di bimas Katolik Kanwil Kemenag Sultra agar terus melakukan evaluasi dan inovasi untuk bisa mewujudkan itu.

Terkait dengan gelaran Pesparani Tingkat Nasional II tahun 2021, disebutkan oleh Leonardus Latu digadang-gadang dilaksanakan di provinsi Nusa Tenggara Timur, dan DKI Jakarta. Hal ini, dibenarkan oleh Alexander Budi Setia yang juga sebagai sekretaris umum Pesparani I, menyampaikan bahwa pagelaran Pesparani II berdasarkan Musyawarah Nasional (MUNAS) yang dihadiri utusan Dirjen Bimas Katolik, utusan Pembimas, utusan KWI, utusan Keuskupan, utusan Pengurus LPEKN, utusan LP3KD Provinsi.

Acara penutupan, diawali dengan Misa Ekaristi pkl 16.00. Adapun prestasi tertinggi kali ini diraih Kalimantan Timur. Kalimantan Timur berhasil Meraih 7 medali emas. Dengan raihan medali ini, Kalimantan Tinur berhasil menjadi Juara umum Pesparani Katolik Nasional I di Kota Ambon dan berhak membawa pulang piala bergilir presiden Joko Widodo. Adapun apresiasi atas prestasi yang ditorehkan peserta Pesparani I asal Sultra ini, peserta mendapatkan medali, Piala, dan Piagam.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 34 kali