Rabu, 12 Desember 2018

Kunker di Kemenag Mubar, Kakanwil Isi Dialog Kerukunan Umat Beragama

  • Jum'at, 12 Oktober 2018 07:16 WIB
Kakanwil Kemenag Sultra saat Memberikan ceramah di hadapan peserta Dialog antarumat beragama di Rujab Bupati Muna Barat

Laworo, (Inmas Sultra)--- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr H Abdul Kadir  MPd, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kemenag Kab. Muna Barat (Mubar). Kunjungan tersebut sekaligus memenuhi undangan Pemda dan Masyarakat Mubar sebagai Narasumber pada Dialog Kerukunan Umat Beragama dengan Pemerintah, masyarakat dan kalangan profesi,  Kamis siang (11/10).

Kehadiran Kakanwil disambut meriah segenap masyarakat Mubar dan ditandai dengan pengalungan bunga berbahan dasar kain tenunan khas Muna Barat.

Bertempat di pelataran Rujab Bupati Muna Barat,  Abdul Kadir didampingi Bupati dan Wakil Bupati Mubar serta Kepala Kantor Kemenag Kab. Muna Barat, menyampaikan "Orasi Kerukunan" yang dikemas dalam acara Dialog Kerukunan Umat Beragama dengan Pemerintah,  Masyarakat  dan Kalangan Profesi.

Dihadapan peserta dialog, Kakanwil menekankan pentingnya peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan agama pada masing-masing umat beragama untuk memelihara dan menjaga kerukunan dalam bingkai NKRI.

"Untuk mewujudkan hal itu,  saya mengajak segenap elemen masyarakat agar  memanfaatkan rumah ibadah sebagai sentrum kegiatan untuk mempelajari dan mendalami ajaran agamanya masing-masing secara baik dan benar," ungkap Abdul Kadir.

Dijelaskannya, munculnya faham radikalisme yang cukup fenomenal saat ini, dikarenakan seseorang yang memahami ajaran agamanya sepotong-sepotong.

"Karenanya, untuk mewujudkan kehidupan keagamaan diperlukan Optimalisasi dan Sosialisasi perundang-undangan terkait kerukunan umat beragama,
Peningkatan peran pemerintah daerah dalam menggalakkan kegiatan sosial lintas agama,
Penguatan aspek kerukunan melalui peraturan- peraturan daerah dan peraturan lainnya sampai tingkat kecamatan," pungkasnya.

Dikesempatan tersebut, Abdul Kadir juga terlibat dalam perbincangan serius dengan Bupati Mubar Drs LM Rajiun Tumada MSi terkait penyiapan lahan untuk pembangunan Gedung Kantor Kemenag Kab. Mubar.

Lahan tersebut seperti diutarakan Rajiun, sedang dipersiapkan secara matang oleh Pemkab Mubar, termasuk penerbitan sertifikatnya oleh Kantor BPN Mubar.
 

Sumber : -
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 78 kali