Rabu, 12 Desember 2018

Tiba di Tanah Air, Jumlah Jemaah Haji Kloter 22 Bertambah

  • Minggu, 16 September 2018 07:41 WIB
Foto Bersama Kakanwil dan Para Petugas serta Jemaah Haji Kloter 22 sesaat setelah tiba di Deberkasi Makassar.

Makassar (Inmas Sultra) ---Setelah 42 hari berada di tanah suci, Jemaah haji Kloter 22 Debarkasi Makassar tiba di tanah air. Pesawat yang membawa 455 jemaah haji asal Sulawesi Tenggara (Sultra) ini mendarat di Bandara Hasanuddin pada pukul 22.21 WITA, Sabtu, (15/9/2018).

Kloter 22 Debarkasi Makassar mendapatkan tambahan jemaah haji. Saat berangkat ke Arab Saudi, jumlah jemaah haji hanya 449 orang. Namun, ketika kembali jumlah jemaah haji menjadi 450 ditambah 5 petugas kloter. Kloter 22 mendapat tambahan jemaah haji dari Kloter 30 Embarkasi Makassar.

“Iya, ada satu tambahan. Sebenarnya jemaah haji itu awalnya memang jemaah haji kloter 22, tapi karena saat pemberangkatan jemaah haji ini mengalami gangguan kesehatan, sehingga keberadaannya ditunda dan berangkat di Kloter 30,” jelas Ketua Kloter 22 Thahiruddin.

Saat tiba di tanah suci, kata Thahiruddin, jemaah haji asal Konawe Selatan (Konsel) Makmur Muslimin Indra (52) kemudian bergabung kembali dengan Kloter 22. Meski demikian, Thahiruddin menegaskan bahwa seluruh rukun wajib haji diselenggarakan dengan sempurna.

“Seluruh rangkaian ibadah haji dilaksanakan oleh beliau,” singkatnya.

Saat tiba di Asrama Haji Sudiang, jemaah haji Kloter 22 langsung mengikuti acara penerimaan kembali oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar. Mewakili PPIH, Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Sulsel Iskandar Fellang menyerahkan jemaah haji kepada pemerintah daerah Sultra. Kakanwil Kemenag Sultra Abdul Kadir yang mewakili pemerintah daerah menerima jemaah haji untuk selanjutnya dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

Dalam sambutannya setelah menerima Jemaah Kloter 22, Kakanwil menyampaikan rasa syukurnya karena jemaah haji  kloter 22 tiba di tanah air dalam keadaan utuh, hal ini menandakan para petugas yang menyertai jemaah telah melaksanakan tugas dengan sangat baik serta Allah SWT meridhoi seluruh upaya jemaah dan petugas sampai tiba dengan selamat

Kita patut bersyukur diberikan kesempatan menyaksikan kekuasaan Allah dalam wujudnya yang nyata.

H. Abdul Kadir pun berharap dari seluruh rangkaian ibadah haji yang dilaksanakan dapat berimplikasi dalam kehidupan sosial.

“Apa yang jadi capaian kita dalam proses ibadah haji semoga dapat memenuhi efek sosial. Seorang birokrasi misalnya dapat lebih baik dalam perilaku serta kualitas kinerjanya menjadi semakin meningkat begitu pula  bagi masyarakat dapat menjadi contoh yang baik dalam berinteraksi di lingkungannya efek lainnya nilai silaturahmi kita akan semakin baik," harap Kakanwil.

Tak lupa pula mewakili Pemerintah Daerah dan Panitia Haji Sulawesi Tenggara Kakanwil menyampaikan Permohonan maaf kepada PPIH Embarkasi dan Debarkasi apabila ada hal yang tidak berkenan. Kerjasama yang baik akan semajin ditingkatkan sehingga hal-hal yang jadi kendala bisa terminimalisasi.

Sebelumnya, Panitia Debarkasi Makassar diwakili Kabid urais dan binsyar Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Drs. H. Iskandar Fellang, M. Pd. mengatakan ucapan Selamat datang ke tanah air mudah-mudahan membawa berkah tanah air.

Kepada para petugas yang telah bertugas kami ucapkan terima kasih serta seluruh jemaah haji kloter 22 kami ucapkan selamat jalan menuju Kota asal masing-masing teriring doa untuk keselamatan, tutupnya seraya memberikan manivest penerimaan jemaah kloter 22.

Diketahui, jemaah haji Kloter 22 Debarkasi Makassar ini berasal dari 6 Kabupaten/Kota di Sultra. Di antaranya, Kabupaten Muna Barat, Kabupaten Buton Utara, Kota Bau-bau, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Buton. Mereka baru akan meninggalkan Asrama Haji Sudiang pada Minggu, (16/9/2018) pukul 10.00 WITA. Dan akan bertolak ke Sultra sekira pukul 14.00 WITA.

Sumber : rahmad
Penulis : Rio Tufail Ramadhan. SH
Editor : Rio Tufail Ramadhan. SH
Dibaca : 60 kali