Sabtu, 17 November 2018

Sebanyak 447Jamaah Haji Kloter 21 UPG asal Sultra Tiba dengan Selamat di Makassar

  • Sabtu, 15 September 2018 06:33 WIB
Petugas kloter bersama jamaah kloter 21 usai acara penerimaan di aula 3 Wisma Haji

Makassar (Inmas Sultra) –-- Sebanyak 447 Jamaah haji Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam kloter 21 Debarkasi Makassar, Sabtu dini hari sekira pukul 01.49 tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Jamaah kloter 21 UPG ini diterbangkan dari bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, melalui maskapai GIA dengan nomor flight 1313.

Kloter 21 UPG asal Sultra beranggotakan jamaah haji asal Kota Kendari, Kolaka Timur, Bombana, Konawe Utara, Buton Tengah, dan Buton Selatan. Kedatangan mereka di Asrama Haji Sudiang Makassar disambut PPIH Provinsi Sulawesi Tenggara dan PPIH Kabupaten Kota yang ada jamaah di asrama Haji Sudiang yang sejak Kamis (14/09) sudah siap menjemput.

Rencananya, jamaah haji asal Kota Kendari, Bombana, Konut, dan Koltim akan terbang hari Minggu 17 September 2018 ke bandara udara Haluoleo di Kendari, sebahagian Sabtu sore 16 September 2018 pukul 15.30 khusus jamaah dari Koltim. Selebihnya berangkat besoknya Minggu pagi. Khusus untuk jamaah Buton Tengah dan Buton Selatan akan diterbangkan melalui bandara Betoambari di Baubau.

“Turun dari pesawat, para jamaah haji diperiksa kesehatannya berupa pegukuran suhu, oleh pihak karantina kesehatan pelabuhan setempat,” kata Ketua Kloter 21 UPG, H. Ahmad Lita.

Kemudian, para jamaah haji diberangkatkan menuju asrama haji Debarkasih Makassar, untuk menginap semalam, sebelum diberangkatkan kembali ke Kota Kendari, dan Kabupaten lainnya di Sultra.

“Besok, akan diberangkatkan ke Kendari melalui bandara Haluoleo dan Ke bandara Betoambari Baubau dengan menggunakan maskapai Sriwijaya, Garuda yang terbagi dalam tiga tahapan penerbangan,” jelas H. Ahmad Lita.

Menurut dia, selain 447 jamaah, ikut pula 5 petugas haji yang mendampingi sejak berangkat ke tanah suci hingga pulang ke Sultra.

Berdasarkan manifest kedatangan jamaah haji Kloter 21 UPG, flight pertama oleh Budhi Permana Kasubag TU Bombana menyampaikan bahwa khusus jamaah Bombana yang 125 orang diterbangkan Minggu 17 September 2018 pukul 09.30 Wita menuju bandar udara Haluoleo. Selanjutnya, jamaah langsung naik 3 buah bis Trans Lulo menuju Bombana untuk diterima oleh Bupati Bombana H. Tafdil di masjid Agung Nurul Iman Bombana pukul 14.00 Wita.

Demikian pula, jamaah haji asal Konut dengan jumlah jamaah sebanyak 42 orang akan diterbangkan flight pertama pukul 09.30 menuju bandara Haluoleo Kendari. Selanjutnya, akan diterima oleh bupati Konut dari bandara Haluoleo. Selanjutnya jamaah langsung dijemput keluarganya menuju ke Konut.

Khusus jamaah haji asal Kota Kendari oleh Marwijid kasi PHU Kota Kendari melaporkan untuk flight 2 sebanyak 153 orang dari Kota Kendari . Jamaah Kolaka Timur 92 orang sudah diterbangkan pada hari Sabtu flight ketiga.

Untuk jamaah haji asal Buton Tengah, Asis kasi PHU Kemenag Buteng melaporkan sebanyak 26 orang jamaah akan diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Betoambari pukul 07.45 viq Garuda dengan nomor flight GIA 7384. Selanjutnya, jamaah dimobilisasi menuju Lakudo untuk diterima Bupati Buteng di masjid raya Lakudo.

Adapun jamaah Buton Selatan yang berjumlah 9 orang jamaah dilaporkan oleh La Ode Isman yang juga kasubag TU Busel akan diterbangkan menuju bandara Betoambari di Baubau via maskapai Garuda tanggal 17 /09/2018 pukul 11.05 Wita. Selanjutnya, jamaah menuju Batauga untuk penerimaan di kantor Bupati Buton Selatan.

Sumber : -
Penulis : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Editor : Rahmad. S.Pd., M.Pd
Dibaca : 146 kali