Kamis, 20 September 2018

PPIH Kota Kendari Gelar Rapat Koordinasi Pengelolaan Bagasi Jamaah

  • Jum'at, 14 September 2018 06:59 WIB

Kendari, (Inmas Sultra)--- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Kendari siap memulangkan Jamaah Haji Kota Kendari Tahun 1439 H/2018 M pada Sabtu (15/09), melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandar Udara Haluoleo Konawe Selatan.

Pemulangan Jamaah Haji tahun ini terjadi sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya pada manajemen pengelolaan bagasi jamaah. Jika tahun sebelumnya bagasi jamaah haji Kota Kendari dilakukan pengiriman dengan mengunakan ekpedisi Makassar – Kendari, namun tahun ini bagasi jamaah haji Kota Kendari akan ikut diterbangkan bersama jamaah haji berdasarkan MoU dengan maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

Oleh karena manajemen pengelolaan yang berbeda dari tahun sebelumnya, PPIH Kota Kendari bertindak cepat dengan melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder tarkait dari unsur pemda kota kendari, Lanud Haluoleo, TNI AD, Polres Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, Dinas  Perhubungan Darat,  Otoritas penerbangan Bandara Haluoleo dan  Perwakilan maskapai Seriwijaya Air. Rapat di ruang kerja Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Kamis (13/9).

"Rapat Kordinasi ini dilakukan  guna memaksimalkan pelayanan kepada jamaah haji terkait teknis pengelolaan bagasi di Bandara dan di asrama haji, agar tidak ada bagasi jamaah haji yang tertinggal atau pun tertukar dengan bagasi jamaah dari kabupaten lain," terang Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuddin T.

Lanjutnya, Rapat ini juga dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan pada jamaah haji.

Pada rapat tersebut Abd. Rauf selaku Kabag Kesra kota kendari menjelaskan bahwa Pemda Kota Kendari akan fokus pada pelayanan transportasi darat dan konsumsi jamaah haji.

“Kami dari pihak Pemda sudah jelas akan fokus pada pelayanan transportasi darat dan konsumsi jamaah," ungkapnya.

Terkait keamanan bagasi jamaah Kota Kendari di Bandara Haluoleo, Mayor Samsul Rijal selaku Kadis Ops Lanud TNI AU Kendari mejelaskan siap mengamankan bagasi jamaah haji, namun untuk proses bongkar muat bagasi dari bandara ke asrama haji pihaknya meminta tambahan personil dari PPIH dikarenakan jumlah bagasi jamaah yang cukup banyak.

Dari hasil rapat koordinasi disepakati pengelolaan bagasi jamaah haji Kota Kendari akan dibawa oleh maskapai sriwijaya air bersama jamaah haji, selanjutnya bagasi akan dibawa ke Asrama Haji Lepo-Lepo untuk diserahkan kepada jamaah haji dengan memperlihatkan identitas diri berupa paspor jamaah. (atw)

Sumber : -
Penulis : Wa Ode Asnani. S. IP
Editor : Wa Ode Asnani. S. IP
Dibaca : 21 kali