Kamis, 20 September 2018

PPIH Butur Lakukan Rapat Terkait Pemulangan Jemaah Haji

  • Rabu, 12 September 2018 14:57 WIB

Buranga (Inmas Sultra)--- Musim Haji Tahun 2018/1439 Hijriyah sudah selesai. Sebentar lagi, Jemaah Haji Indonesia akan kembali ke Tanah Air tak terkecuali  Jemaah Haji Sultra khususnya Buton Utara (Butur). Untuk itu, dalam rangka persiapan pemulangan, Panitia Pemulangan Ibadah Haji (PPIH) Butur Tahun 2018/1439 H melakukan rapat. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Butur selaku Ketua Panitia PPIH, yang di dampingi oleh Kepala  Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Rabu(12/9/2018). Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Butur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh panitia PPIH yang berjumlah 17 orang,  terdiri dari Para Kepala Seksi, Pemerintah Daerah Butur yang di wakili Kepala Subbag Keagamaan dan Staf Kemenag Butur.

Muh. Saleh selaku Ketua Panitia menjelaskan rapat hari ini membahas mengenai pemulangan Jamaah Haji Butur yang dijadwalkan akan tiba di tanah air tanggal 15 september 2018 pukul 22.50 WITA melalui Bandara Internasinal Sultan Hasanudin. Jamaah Haji Butur yang tergabung dalam Kloter 22 akan langsung masuk di Embarkasi Haji Sudiang Makassar. Dan pada tanggal 16 September Jamaah Haji Butur akan bertolak dari Bandara Internasional Sultan Hasanudin Makassar menuju Kendari dengan menggunkan pesawat Sriwijaya Air melalui Bandara Halu Oleo Kendari dan langsung di Asrama Haji Kendari. 
"Jamaah Haji Butur akan bermalam di Asrama Haji Kendari satu malam nanti tanggal 17 September 2018 Jamaah Haji Butur baru menuju Butur dengan menggunakan kapal kayu yaitu Agil Permai," ungkap Saleh.

Lanjutnya,  Saleh menurturkan ada beberapa titik yang harus disiapkan yaitu di Asrama Haji Kendari terkait tempat tinggal, dan penjemputan di Pelabuhan Waode Buri terkait padatnya warga atau keluarga yang akan menjemput Jamaah Haji dan juga terkait teknis penerimaan Jamaah Haji ke Pemerintah Daerah yang di laksanakan di Mesjid At- Taqwa.

Setelah pemaparan dari Ketua Panitia PPIH tersebut,  para anggota rapat dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan dan menyampaikan permasalahan yang akan didiskusikan bersama untuk mencapai solusi terbaik.

"Semoga kerja - kerja kita hari ini mengurus Jamaah Haji mendapat berkah disisiNya dan barang siapa yang mengurus Jamaah Haji pasti Allah akan mengurusnya juga" tutur Saleh sebelum menutup rapat.

Berdasarkan data yang didapat dari Kantor  Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Jamaah Haji Butur yang tergabung dalam Kloter 22 yang berjumlah 41 orang masih dalam keadaan sehat wal afiat.

Sumber : Imin
Penulis : Nisa Nurhayati. S. IK
Editor : Nisa Nurhayati. S. IK
Dibaca : 24 kali