Sabtu, 04 Desember 2021

Kemenag Kolaka Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Nilai Luhur Ideologi Pancasila Kokohkan Tegaknya NKRI

  • adil
  • 01 Oktober 2021, 09:57
Dibaca : 138 kali

 Kolaka (Humas Sultra) --- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Kolaka, Drs. H. Baharuddin, M.Si menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dengan tema "INDONESIA TANGGUH BERLANDASKAN PANCASILA" di pelatara MTs Negeri 1 Kolaka, Jumat (01/10).

Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, minimalis, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, dihadiri Kasubbag TU, Kepala Seksi/Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, JFT dan JFU lingkup Kantor Kemenag Kolaka, serta ASN MAN 1 Kolaka, MTsN 1 Kolaka dan MIN 2 Kolaka.

Pada pelaksanaan upacara, selain pembacaan teks Pancasila dan Naskah UUD Tahun 1945 juga dibacakan ikrar pembulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari 
dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara,
namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.