Minggu, 09 Mei 2021

Zakat Fitrah 1442 H lingkup Kota Kendari di tetapkan hari ini.

  • Arman
  • 15 April 2021, 15:55
Dibaca : 1.416 kali

Kendari (Humas Sultra) --- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari H. Zainal Mustamin, S.Ag.,MA. mengikuti rapat penetapan besaran Zakat Fitrah Tahun 1442 H/ 2021 M lingkup Kota Kendari di Ruang Rapat Kantor Baznas Kota Kendari, kamis (15/4).

Pada sambutanya H. Zinal Mustamin mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan rapat penetapan besaran zakat fitrah tahun ini dilakukan lebih awal dari biasanya.

"Saya sangat apresiasi rapat kita ini lebih cepat dari sebelumnya"

Menurutnya penetapan besaran zakat fitrah yang dilaksnakan lebih awal akan sangat membantu para amil zakat dalam melakukan pengelolaan Zakat Fitrah yang dikumpul dari masyarakat karena dapat dilakukan lebih awal terang Zainal Mustamin.

Lebih lanjut Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari ini mengusulkan kepada Badan Amil Zakat (BAZANAS) kota Kendari kedepanya dalam melakukan survei harga kebutuhan bahan pokok tidak hanya dilakukan di pasar tradisional namun juga dilakukan di pasar moderen seperti mall dan supermarket karena menurutnya masyarakat kita juga tidak sedikit yang melakukan pembelajaan kebutuhan pokok di pasar moderen tersebut.

"Saya mengusulkan juga, pasar moderen juga menjadi objek survei kedepannya."

Rapat penetapan besaran zakat fitrah tahun ini selain di ikuti oleh kepala Kemenag Kota Kendari, turut mendampingi Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Kendari (Marwijid), Kepala Dinas Kesejahtraraan Rakayat  (Kesra) Kota Kendari (Abd. Rauf) dan staf, Ketua Majelis Ulama Indonesia Wilayah Kota Kendari (H. Moh.Yahya Obaid), Ketua BAZANAS Kota Kendari (H. Alimuddin K.) dan dari unsur ormas islam dan tokoh agama islam.

Adapun hasil besaran zakat fitrah 1442 H/2021 M untuk wilayah kota kendari berdasarkan hasil rapat adalah 3,5 liter per jiwa yang apabila di konversi kedalam satuan rupiah adalah beras kepala dan sejenisnya Rp. 35.000 per jiwa, beras ciliwung dan sejenisnya Rp. 32.000 per jiwa, beras Dolog Rp. 30.000 per jiwa, dan Jagung, Sagu dan Ubi Rp. 20.000 per Jiwa.

Hasil dari keputusan rapat di atas kemudian akan dikukuhkan dalam surat keputusan walikota kendari daam beberapa hari kedepan