Selasa, 02 Maret 2021

Kegiatan Tadarrus Al-Qur'an Ba,da Sholat Fardhu Siswa MTsN 1 Kendari

  • yusnawati
  • 03 Desember 2020, 08:25
Dibaca : 118 kali

Kendari (Humas Sultra)--- Membaca Al-Qur'an merupakan salah satu ibadah paling utama di antara ibadah-ibadah lainnya. Tak heran, umat Islam yang memahami akan hal ini  tidak ingin j ketinggalan dalam meraih keutamaan membaca Al Qur'an. Keutamaan ini di terangkan dalam sebuah hadist zRasulullah yang diriwayatkan oleh At- Tirmidzi yang artinya, " Kata ' Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam bersabda, " Siapa saja membaca satu huruf dari kitabullah ( Al Qur'an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan Alif satu huruf, lam satu huruf, dan min satu huruf," ( HR. At- Tirmidzi)

Penjelasan hadits di atas jualah yang menjadi salah satu spirit dalam menyemangati siswa MTsN 1 Kendari untuk senantiasa merutinkan kebiasaan membaca Al Qur'an di dalam kesehariannya. 

Awalnya  tugas pembiasaan membaca Al Qur'an ini diberikan kepada para siswa yang baru masuk MTsN 1 Kendari,  siswa  kelas VII. Tugas ini diberikan oleh para guru khususnya guru Al Qur'an hadits dengan harapan bacaan Al Quran para siswa makin lancar dan fasih serta pembiasaan ini akan menjadi rutinitas yang berkesinambungan dan dilaksanakan para siswa secara Istiqomah, ikhlas mengharapkan ridho Allah SWT.

Sesuai amanah kurikulum 13, peserta didik tidak hanya dinilai oleh guru dari segi knowledge ( pengetahuan) saja , akan  tetapi ada empat jenis penilaian yang akan diberikan oleh guru terhadap perkembangan para siswa. Keempat penilaian dimaksud mencakup; penilaian pengetahuan, keterampilan, spritual, dan penilaian sikap sosial.

Dalam upaya mengontrol kegiatan pembiasaan yang diberikan oleh guru Al Qur'an hadits,  para siswa secara berkala melaporkan perkembangan dari surah dan ayat yang sudah di bacanya melalui buku kontrol kegiatan tadarrus ba,da sholat fardhu.  Dan guru juga merencanakan jadwal  tertentu untuk mendengarkan bacaan siswa tersebut.

Semoga kegiatan yang awalnya bersifat pembiasaan ini akan menjadi rutinitas positif yang dilakukan oleh para siswa kapanpun dan di manapun dia bersekolah nantinya. Kamis (3/12)