Minggu, 17 Januari 2021

Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar

  • yusnawati
  • 25 November 2020, 10:57
Dibaca : 80 kali

Kendari (Humas Sultra)--- Hari ini, tanggal 25 November menjadi hari yang spesial bagi para guru Indonesia. Perayaan hari guru di tengah suasana Pandemi Covid-19 yang melanda  tidak menyurutkan semangat para guru untuk terus berkarya. Tetap menjalankan tugas secara online menyadarkan para guru akan  pentingnya  penguasaan teknologi sebagai sebuah keharusan di tengah perkembangan teknologi digital.

Dengan tema perayaan Hari Guru Nasional tahun ini " Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar"  kepala MTsN 1 Kendari, Mappataliang S. Pd., M. Pd.,menaruh harapan  guru MTsN 1 Kendari lebih semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar, pendidik, pelatih, dan pembina generasi banga di masa mendatang.

Semoga Hari Guru Nasional tahun ini menjadi spirit bangkitnya semangat para guru mewujudkan merdeka belajar. 

Merdeka belajar sebagai program kebijakan guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dicanangkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan RI kabinet Indonesia Maju, Nadien Makarim Anwar, menawarkan  empat kebijakan baru bidang pendidikan;

1. Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) diganti Assesmen yang pelaksanaan dilaksanakan langsung oleh para guru di sekolah peserta didik bersangkutan.

2. Tahun 2021 Ujian Nasional (UN) di ganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter yang dilakukan pada siswa yang berada di jenjang pertengahan seperti jenjang SD (siswa kelas 4), siswa SMP/MTs ( kelas 8), jenjang SMA/ Aliyah ( kelas 11)

3. RPP lebih di persingkat, berisi tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.

4. Zonasi penerimaan peserta didik baru ( PPDB) dengan maksud lebih fleksibel dan mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah.

Semoga guru makin menginspirasi dunia pendidikan menuju peradaban yang lebih memanusiakan manusia. Rabu (25/11)