Sabtu, 21 Juli 2012 –
Hisab Rukyat di Kendari tak Lihat Hilal

(Humas Kemenag Sultra) —- Hisab Rukyat yang digelar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Pengadilan Tinggi (PT) Agama serta STAIN Kendari yang digelar di Kelurahan Wolo Kec. Wolo Kab. Kolaka, Kamis (19/07/12) petang tak bisa melihat hilal.

Rukyatul hilal dilakukan sehubungan dengan penetapan kapan jatuhnya 1 Ramadhan, hari pertama bagi umat Muslim menjalankan puasa.

Drs. H, Muh. Sabir, dari Tim Rukyat Kanwil Kemenag Sultra dan Pengadilan Tinggi Agama Serta STAIN Kendari menjelaskan, saat dilakukan hisab rukyat pada pukul 17.10 Wita, hilal tak terlihat. “Penyebabnya kondisi cuaca di ufuk yang berawan tebal,” katanya.

Drs. Muhammad Rifai yang juga Kasi Kemitraan Kemenag Sultra menjelaskan, saat itu sejatinya ketinggian hilal kurang dari 0.58 derajat, tenggelam 18.10.55 menit, azimuth 285 55 72 jarak 341 312 km dari bumi ke bulan lamanya / umur hilal 2.15. Posisi hilal di selatan matahari dan miring ke selatan,” jelasnya.

Sementara Kakanwil Kemenag Sultra, Drs. KH. Mudhar Bintang, mengatakan, hasil rukyatul hilal itu akan dilaporkan ke Kementerian Agama dan Dewan Isbat Nasional. “Bahwa kita di Kendari, Sulawesi Tenggara tak bisa melihat hilal,” katanya.

Soal penetapan awal puasa, menurut Drs. Muhammad Rifai, ditetapkan dalam Sidang Isbat di Jakarta, Jum’at, 20/7. “Kementerian dan dewan (Isbat) bersidang mempertimbangkan hasil hisab rukyat se – Indonesia,” katanya.

Terkait bulan Ramadhan, Muhammad Rifai mengajak segenap umat Muslim Sultra menunaikan dan menjalankan puasa dengan baik.

“Ramadhan penuh rahmat, ampunan dan hikmat. Jagalah kesucian dengan sungguh lewat perbuatan amalia,” jelasnya. Kata dia, mereka yang berpuasa akan mendapatkan pahala berlipat.

Kepada umat non – Muslim, ia meminta menghormati saudara – saudaranya yang sedang menjalankan ibadah puasa. “Marilah kita bertoleransi dan hormat menghormati sehingga kita memperkokoh kerukunan antar umat beragama.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.045888 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1046051
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.