Rabu, 11 Juli 2012, 09:06 –
Pinmas Kemenag RI Gelar Koordinasi Kehumasan di Lombok

(Humas Kemenag Sultra) —- Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pinmas) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar kegiatan Koordinasi Kehumasan di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Demikian dikatakan Kepala Sub Bagian Hukum, Humas dan Kerukunan Umat Beragama (HUKMAS dan KUB) Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara, Syaifuddin Mustaming, yang juga menjadi peserta sebagai duta Kanwil Kemenag Sultra.

“Kegiatan dengan tema sentral ‘Optimaslisasi Peran Humas dan Manajemen Kehumasan Untuk Peningkatan Citra Publik Kementerian Agama’, dan digelar selama Tiga hari (10 s/d 12 Juli 2012) dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB, yang diwakili oleh Kepala Bagian tata Usaha, Drs.H.Sirajuddin, MM, Selasa (10/7) malam di hotel Jayakarta Lombok NTB,” jelas Syaifuddin.

Dalam sambutannnya, Sirajuddin menekankan peran dan fungsi Humas dalam pencitraan institusi. “Humas harus mampu untuk mendengar sekaligus mengkomunikasikan berbagai hal yang terkait organisasi. Humas harus mampu meningkatkan citra organisasi,” katanya.

Ia juga mengungkapkan perlunya bertukar pengalaman dan informasi terkait bagaimana mengelola kehumasan sehingga kehumasan bisa berjalan dengan baik. “Sharing ini sangat penting dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi humas, “ ungkap Sirajuddin.

Melalui Koordinasi Kehumasan ini, lanjut Sirajuddin, akan dapat dirumuskan beberapa hal terkait standar kehumasan yang dapat dijadikan acuan dalam kegiatan kehumasan. “Sekarang ini, hampir semua informasi diminta oleh masyarakat dan LSM. Era sekarang sudah sangat terbuka, dan ini perlu kita respon dengan cepat dan tepat,” urainya.

Sirajuddin menambahkan, meskipun tugas kehumasan sangat berat, namun harus dinikmati dan dilaksanakan sebaik-baiknya sebagai amanat. “Mudah-mudahan kegiatan ini akan diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan, serta akan menghasilkan hasil yang bagus dan bermanfaat bagi perbaikan organisasi di masa yang akan datang,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Iwan Supriadi dalam laporannya menyebutkan Hubungan masyarakat (Humas) merupakan salah satu unsur penting dalam suatu organisasi, termasuk di lembaga pemerintah, khususnya Kementerian Agama.

“Karena demikian pentingnya, layanan kehumasan menjadi salah satu tugas di hampir setiap Sekretariat unit Eselon I Kementerian Agama. Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 10 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama mengamanatkan bahwa salah satu tugas sekretariat adalah melakukan pembinaan dan penyelenggaraan organisasi dan tata laksana, kerja sama, dan hubungan masyarakat,” ujar Iwan.

Selanjutnya, Iwan Supriadi mengungkapkan tugas Pinmas. “Secara lebih spesifik, PMA 10/2010 mengatur bahwa tugas Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat adalah melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standardisasi dan bimbingan teknis, serta evaluasi di bidang informasi dan hubungan masyarakat. Tugas teknis yang terkait kehumasan dikoordinasi oleh Bidang Hubungan dan Masyarakat. Adapun tugasnya adalah melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang hubungan masyarakat,” Ungkapnya.

Iwan menambahkan bahwa dalam tugas, fungsi, dan peran yang demikian luas, kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa pelaksanaan fungsi dan tugas Humas di Kementerian Agama, khususnya pada satuan organisasi Kanwil dan Kankemenag, belum optimal dan maksimal. “Akibatnya, keberadaan humas seringkali belum atau kurang begitu diperhatikan. Berangkat dari fenomena itulah, Bidang Humas pada Pusat Informasi dan Humas merasa perlu untuk mengadakan Koordinasi Humas Pusat dan Daerah Tahun 2012,” ulasnya.

Tak lupa Iwan menyebutkan bahwa Kegiatan yang ditujukan sebagai sarana koordinasi, evaluasi dan optimalisasi fungsi kehumasan ini diikuti oleh Kasubbag Humas di 33 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se Indonesia, dengan sepenuhnya dibiaya oleh DIPA Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Tahun 2012.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.064372 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1704432
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.