Senin, 9 Juli 2012, 10:01 –
Maluku Optimis Raih Prestasi Terbaik di Pesparawi Nasional X

(Humas Kemenag Sultra) —- Kontingen Provinsi Maluku semakin optimis meraih prestasi terbaik di ajang Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Ting¬kat Nasional X/2012 yang ber¬lang¬sung di Kendari-Sulawesi Tenggara.

Optimisme tersebut semakin meningkat setelah melihat penam¬pilan wakil Maluku di cabang lomba Paduan Suara Anak (PSA), Paduan Suara Pria (PSP), Solo Remaja/Pemuda Putra, Paduan Suara Wanita (PSW), Paduan Suara Remaja/Pemuda Campuran (PSR/PC) dan Solo Anak 7-9 tahun.

“Melihat penampilan pada perlom¬baan yang memasuki hari kedua ini, membuat kita semakin optimis dapat meraih prestasi ter¬baik di ajang Pes¬parawi Nasional X,” tandas Ketua Lem¬baga Peng¬em¬bangan Pesparawi Daerah (LP¬PD) Provinsi Maluku, Polly Kas¬tanya kepada Siwalima di sela-sela menyaksikan penampilan PSR/PC Provinsi Maluku di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Kendari, Kamis (5/7).

Dikatakan, kontingen Maluku sangat yakin akan meraih prestasi yang terbaik pada sejumlah cabang lomba yang baru akan dilombakan dalam dua hari kedepan. “Masih ada sejumlah cabang lomba yang akan dipertandingkan Jumat (6/7) – Sabtu (7/7) dan kita jutga optimis akan meraih hasil terbaik di lima cabang lomba yang akan dipertandingkan dalam dua hari tersebut,” katanya.

Ia juga meminta dukungan dari semua warga agar kontingen Pespa¬rawi asal provinsi seribu pulau tersebut dapat tampil sebagai juara umum Pesparawi Nasional X/2012. “Selain itu, target kami juga bisa menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Pesparawi Nasional XI/2015. Karena itu kami akan menunjukkan performa dan kualitas terbaik di Pesparawi Nasional X/2012 serta yang terpenting mengangkat puji-pujian kepada Tuhan,” katanya.

PSR/PC Luar BiasaSementara itu, Paduan Suara Remaja/Pemuda Campuran (PSR/PC) tampil sangat luar biasa saat lomba yang digelar di GOR Kota Kendari, Kamis (5/7).

PSR/PC Provinsi Maluku tampil dengan gaun berwarna kuning keemasan membawakan lagu wajib ‘Tuhan Penolong Hidupku’. Syair lagu tersebut dibuat oleh Fera Nugroho sementara melodi oleh Agastya Rama Listya.

PSR/PC Provinsi Maluku juga membawakan lagu pilihan terikat ‘Tuhan Kekuataku dan Mazmurku’ ciptaan Theodora Sinaga. Saat menyanyikan lagu ini, PSR/PC Provinsi Maluku juga membuat formasi berbentuk salib, apalagi diselingi penampilan solo yang memukau dari Vera Manuputty.

Khusus untuk lagu pilihan bebas, PSR/PC Provinsi Maluku yang dikoordinir oleh dirigen Etha Siahay dan diiringi pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 18 tersebut membawakan lagu ‘Ave Maria’. Cabang lomba PSR/PC diikuti oleh 20 provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Bengkulu, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Jawa Timur, Papua, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan DKI Jakarta.

Penampilan PSR/PC Provinsi Maluku semakin menambah rasa optimisme untuk memperbaiki peringkat. Saat Pesparawi IX/2009, pada bidang lomba PSR/PC, Maluku hanya meraih medali perak bersama 15 provinsi lainnya, sementara medali emas diraih Sulawesi Utara, Papua Barat, Sumatera Utara dan Jawa Barat. Sulawesi Utara saat itu meraih emas champion yang merupakan PS yang meraih nilai tertinggi.

Selain PSR/PC, penampilan Paduan Suara Wanita (PSW) Provinsi Maluku di ajang Pesparawi Nasional X juga sangat luar biasa.

PSW Provinsi Maluku tampil berlomba di Hotel Kubra dengan membawakan lagu wajib ‘Pujilah Tuhan Karena Kasih Setia-Nya’ ciptaan Perry Rumengan dan lagu pilihan terikat ‘Istri Yang Teramat Baik’ ciptaan Pontas Purba.

PSW yang dipimpin dirigen Lussy Luhulima dan diiringi pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 2 tersebut juga membawakan lagu pilihan bebas ‘Music Down In My Soul’

Cabang lomba PSW diikuti oleh 20 provinsi, yaitu Maluku, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Jawa Tengah, Bengkulu, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Riau, Yogyakarta, Suma¬tera Utara, Sulawesi Selatan dan Papua.

Pada Pesparawi IX/2009, Maluku di cabang lomba PSW meraih medali emas bersama Sulawesi Utara, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Papua Barat. Namun saat itu Sulawesi Utara meraih emas champion yang merupakan PS yang meraih nilai tertinggi.

Selain PSR/PC dan PSW, wakil Maluku di nomor lomba Solo Anak usia 7-9 tahun, Maluku, Yosephina F Siahaya juga tampil berlomba di Baruga Sapta Pesona, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (5/7).

Yosephina F Siahay tampil dengan nomor undian 23 membawakan lagu wajib ‘Aku Mau Bernyanyi Bagi Tuhan’ ciptaan Maliyarnita dan lagu pilihan terikat ‘Baiklah Aku Menyanyi’ ciptaan Johnsen S Bahat.

Solo Anak usia 7-9 tahun diikuti oleh oleh peserta 32 provinsi di Indonesia. Satu-satunya provinsi yang tidak mengikutsertakan wakilnya di cabang ini yaitu Sumatera Barat.

Pada Pesparawi IX/2009, cabang lomba solo anak tidak terbagi atas golongan usia, namun kategori putra dan putri. Saat itu, wakil Provinsi Maluku di kedua cabang lomba tersebut hanya meraih medali perak.

Hari Ini PSDC TampilSementara, dipastikan, hari ini Jumat (6/7), giliran Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Vocal Group dan Solo Anak usia 10-13 tahun dari Provinsi Maluku menampilkan kemampuannya dalam olah vokal.

PSDC Provinsi Maluku akan tampil membawakan lagu wajib ‘Aku Mau Bernyanyi Bagi Tuhan’ (Acappella) ciptaan Herman Sinapa dan lagu pilihan terikat ‘Bukakan Pintu Kasihmu’ ciptaan Ronald Pohan.

PSDC Provinsi Maluku dengan dirigen Ronny Istia serta diiiringi oleh pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 9 akan membawakan lagu pilihan bebas ‘John The Revelator’.

Sementara Vocal Group Provinsi Maluku akan tampil membawakan lagu wajib ‘Dia Allahku, Ku MemujiNya’ ciptaan Wahono Hadi dan lagu pilihan terikat ‘Allah Pembebas dan Penyelemat UmatNya’. Lagu ini syairnya dibuat oleh Novie Stefanie Suherman, sedangkan melodi oleh Agastya Rama Listya. Selain itu mereka juga akan membawakan lagu pilihan bebas ‘Thank You Lord’.

Di hari yang sama, juga Sendry Nahuway akan tampil di nomor lomba Solo Anak usia 10-13 tahun. Ia akan membawakan lagu wajib ‘Jadi Lilin Penerang’, ciptaan Faida Delta dan lagu pilihan terikat ‘Doaku’ ciptaan Yason Christy Pranowo.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.081640 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1771850
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.