Sabtu, 6 Juli 2013 –
Kemenag Sultra Sosialisasi Tata Persuratan dan Kearsipan

(Humas Kemenag Sultra) —- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra) melaksanakan Sosialisasi Tata Persuratan dan Kearsipan lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Jum’at, (5/7/2013) malam, di Plaza Kubra Kendari.

Hadir pada pembukaan kegiatan yang bertajuk “Mewujudkan Pelayanan Publik yang Lebih Efektif dan Efisien” ini, antara lain, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, H. Hasanuri, Kabid Pendidikan agama dan Keagamaan Islam, H. Anab T. Malinda, Perwakilan pejabat Eselon III, Pejabat eselon IV lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kepala Madrasah Negeri se Sultra.

Kakanwil Kemenag Sultra, H. Muchlis A. Mahmud, MM saat membuka secara resmi Sosialisasi tersebut mengatakan, tertib administrasi persuratan dan kearsipan merupakan indikator administrasi perkantoran yang baik. “Jika tata persuratan dan kearsipannya bagus, maka dipastikan kantor tersebut dikelola dengan baik, begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Kata dia, terciptanya pengelolaan yang baik harus didukung oleh berbagai elemen dalam suatu organisasi. Selain itu juga harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM_red) yang profesional, anggaran yang memadai, sarana dan prasarana yang standar, serta sistem yang baku, aplikatif dan efisien.

“Sosok aparatur dituntut agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola administrasi perkantoran sehingga lebih profesional dalam rangka menciptakan keseragaman penyelenggaraan tata persuratan dan kearsipan,” urainya.

Lebih lanjut, H. Muchlis memaparkan bahwa surat merupakan suatu alat komunikasi dalam bentuk tulisan, apapun medianya. Tata persuratan merupakan tahap penciptaan dalam daur hidup Arsip. “Berbicara tentang persuratan merupakan bagian dari pembicaraan tentang kearsipan. Surat dalam segala bentuknya merupakan salah satu bentuk dari Arsip,” jelasnya.

Kakanwil mengakui, sampai dengan saat ini masih sering dijumpai penulisan surat dinas yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Olehnya itu melalui sosialisasi ini dapat menciptakan aparatur Kemenag Sultra yang handal mengenai tata persuratan dan kearsipan dan ada keseragaman penyelenggaraan tata persuratan dan kearsipan dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas kedinasan,” harapnya.

Sebelumnya, Kasubbag Umum, H. Baso Yusni melaporkan hasil yang diharapkan dalam sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam mengelola tata persoalan dan kearsipan di unit Kerja masing-masing. (Waliullah)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.955281 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1610252
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.