Jumat, 28 Juni 2013, 08:47 – Kankemenag
Kakanwil Kemenag Sultra Buka MGMP MTs se Kabupaten Buton

(Humas Kemenag Sultra)—- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Kakanwil Kemenag Sultra, Drs. H. Muchlis A. Mahmud, MM, secara resmi membuka Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs) lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton, di MTsN Lakudo; Kamis, (27/6/2013) siang.

Turut hadir pada pembukaan yang mengangkat tajuk “Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru MTs Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton” ini, Ketua DWP Kemenag Sultra, Hj. Nahdah Muchlis, Kabag Tata Usaha Kemenag Sultra, H. Hasanuri, SH, M.HI bersama Ny. Umuhani, Kabid Pendidikan Madrasah, Samsuri, M.Pd, Kepala Kantor Kemenag Kab. Buton, H. Muhtar, sejumlah pejabat Esselon IV lingkup Kanwil Kemenag Sultra dan Kemenag Buton, Kepala Madrasah dan para guru MTs se Kabupaten Buton.

Mengawali sambutannya, Kakanwil menyampaikan apresiasi dan kesan yang luar biasa terhadap kemajuan pendidikan khususnya di kecamatan Lakudo. “Kami terkesan dengan Kecamatan Lakudo, karena dapat menjadi percontohan madrasah terpadu. Di sini ada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah yang berdekatan dengan suasana lingkungan asri, bersih dan Alhamdulillah siswanya begitu banyak,“ kata Muchlis, seraya mengucapkan terima kasih atas usaha dan kerja keras seluruh stakeholder yang terlibat didalamnya.

H. Muchlis menegaskan, tiada henti-hentinya berbicara kualitas. Kegiatan apapun yang kita lakukan muaranya pada kualitas. Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru tentunya bermuara pada Kualitas yang berdaya saing, kompetitif dan unggul. Kualitas pendidikan sangat ditentukan Sarana prasarana, kompetensi tenaga pendidik dan penerapan kurikulum yang tepat.

“Dasar dari peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru itu sesuai dengan visi misi Kementerian Agama. Visinya adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir batin. Juga sesuai dengan misi Kementerian Agama meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, itulah Tupoksi aparat Kementerian Agama,” urainya.

Dihadapan kepala madrasah dan dewan guru, Kakanwil kembali mengingatkan, madrasah bukan lagi pilihan kedua tapi sudah jadi pilihan utama di masyarakat. Menurutnya, Pilihan utama di masyarakat itu tergantung kualitas pendidiknya. Masyarakat sudah bisa memilih Karena masyarakat melihat dari kualitas madrasah itu sendiri.

“Ketika tantangan pendidikan dan kecenderungan moralitas bergeser, Madrasah sudah tidak lagi menjadi pilihan kedua tetapi sudah menjadi pilihan utama orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Kecenderungan itu terjadi melihat kenyataan kehidupan saat ini dan tentunya dari kualitas madrasah yang berdaya saing dan berkarakter,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Kakanwil mengingatkan bahwa tantangan seorang guru semakin berat. Betapa pentingnya arti seorang guru. Polesan seorang guru membentuk pribadi dari awal yang membentuk watak kedepannya. Oleh karena itu, peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru terus dilakukan sehingga mampu menjadi guru berkualitas yang berdaya saing, kompetitif dan unggul, tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buton, H. Muchtar dalam pengantarnya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas guru dalam rangka penyusunan KTSP tingkat MTs serta menyusun bahan ajar yang berbasis karakter yang akan melahirkan bahan ajar yang berbasis teknologi, dengan harapan tidak terjadinya lagi kesenjangan antara proses dan bahan ajar antar madrasah.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama Dua hari, mulai 27 s.d 28 Juni 2013, dan diikuti 17 MTs se Kab. Buton, 13 madrasah Negeri dan 4 madrasah swasta dalam lingkup Kemenag Kab. Buton,” jelasnya. (Waliullah)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.066301 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1722609
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.