Kamis, 13 Juni 2013 –
Sejumlah Guru PAI Ikut Sosialisasi Pengembangan Kurikulum PAI

(Humas Kemenag Sultra) —- Sebanyak 60 orang Guru PAI pada sekolah SMP SMA/SMK, pengawas PAI Pendidikan Menengah dan Kasi PAI se Sultra mengikuti Sosialisasi Pengembangan Kurikulum PAI pada Sekolah Tingkat SMP dan SMA/SMK se Provinsi Sulawesi Tenggara. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. H. Muchlis A. Mahmud, MM, di hotel Athaya Kendari; Selasa, (11/6/2013).

Hadir pada pembukaan tersebut, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sultra, Drs. H. Anab T. Malinda, M.Si, perwakilan Kepala bidang lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Kasi PAI se Sultra dan Guru PAI pada sekolah SMP SMA/SMK, dan pengawas PAI Pendidikan Menengah.

Dalam sambutannya H. Muchlis menegaskan keberhasilan pola pembelajaran, sangat ditentukan oleh kurikulum yang tepat dalam pemenuhan standar nasional pendidikan. “Sarana prasarana, kualitas pendidik dan penerapan kurikulum yang tepat merupakan tiga pilar utama dalam keberhasilan pemenuhan standar nasional pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan visi Kementerian Agama yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir dan batin.

Betapa pentingnya peran seorang guru dalam menentukan metode kurikulum yang diterapkan. “Penerapan metode kurikulum yang baik dapat menghasilkan anak didik yang berprestasi. Suatu tempat didaerah Jawa, dengan melakukan penerapan kurikulum yang baik santri dapat menghafal 99 Asmaul Husna dalam waktu 4 jam,” jelasnya.

Demikian halnya dengan Kementerian Agama yang Beberapa tahun terakhir berbenah memperbaiki SDM. “Kementerian Agama Merekrut sarjana-sarjana dibidang Ekonomi akuntansi dan mereka-mereka yang sangat paham di bidang IT.”Dan kita sudah menuai hasilnya yang mana dalam dua tahun terakhir Kementerian Agama memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK,” Tutupnya.

Sebelumnya Drs. Laode Halaidi, M.Pd, Kasi Pendidikan Agama pada Tingkat menengah melaporkan, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan mutu pengembangan kurikulum dan kompetensi guru PAI dalam mewujudkan peran dan fungsi PAI terhadap pelaksanaan pembelajaran dan pembinaan moral siswa di sekolah, meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan silabus bahan ajar di sekolah, meningkatkan mutu kompetensi guru/tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PAI di sekolah, meningkatkan mutu kompetensi pengawas dan tenaga kependidikan PAI dalam melaksanakan pembimbingan dan penilaian kinerja guru, mensosialisasikan pengembangan kurikulum PAI 2013. (Waliullah)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.051588 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.161
Jumlah pengunjung: 1625371
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.