Senin, 10 Juni 2013, 17:52 – Pendis & Madrasah
615 Guru Ikut Ujian Sertifikasi

(Humas Kemenag Sultra) —- Sebanyak 615 guru SD, SMP, SMA/SMK di Kota Kendari, mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG), tanggal 3 hingga 9 Juni 2013. Uji sertifikasi bagi tenaga pendidik ini berbeda dengan tahun sebelumnya. UKG tahun 2013 lebih pada pemanfaatkan teknologi.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pengendalian Mutu Dinas Pendidikan Kota Kendari Darwis, M.Pd., pelaksanaan UKG tahun ini sementara dilaksanakan selama satu minggu. Para guru akan mengikuti ujian di dua lokasi yang berbeda, SMAN 4 Kendari dan SMK 4 Kendari. UKG bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan atau kompetensi guru di Kota Kendari. Kegiatan ini mendorong guru-guru untuk terus meningkatkan kemampuannya sebagai tenaga pendidik.

“Kita menyadari sepenuhnya, keberhasilan anak-anak didik dan kualitas pendidikan tergantung kemampuan guru dalam memberikan pengetahuan. Olehnya itu, Program sertifikasi guru terus dilanjutkan oleh pemerintah. Kebijakan sertifikasi terus diperbaiki, baik dalam sistem pelatihan peserta maupun sampai penyelenggaraan,” ungkap Darwis.

Hari pertama pelaksanaan UKG, sedikit mendapat hambatan. Ada gangguan koneksi pada server ditempat pelaksanaan kegiatan sehingga pengimputan data tidak terbaca dengan baik. Namun, hambatan kendala itu tidak berlangsung lama dan UKG dilanjutkan hingga pada malam hari.

Kegiatan tersebut kerjasama dengan LPMP Sultra. Menurut Kabid Pendidikan dan Pengendalian Mutu ini, uji kompetensi merupakan salah satu indikator untuk guru yang akan mendapatkan tunjangan sertifikasi ketika dinyatakan lulus. Guru yang tidak lulus UKG, belum dapat diusulkan untuk mendapatkan tunjangan senilai satu bulan gaji pokok tersebut.

“Masih banyak guru kita yang belum mendapatkan sertifikasi, namun kita berharap kedepan akan semakin banyak yang mendapatkan hak guru tersebut,” katanya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan tersebut untuk maksimalkan tenaga pendidik agar kompetitif, secara profesional bisa mengajar dan melatih siswa. Sebab, bagi guru yang bersertifikasi harus memenuhi jumlah jam mengajar, sesuai jadwal yang dikeluarkan berdasarkan syarat UKG. (KP)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.067583 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1778930
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.