Minggu, 9 Juni 2013, 06:23 –
Kanwil Kemenag Sultra Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

(Humas Kemenag Sultra) —- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar lomba baca kitab kuning (Qiraatul Kutub) ke 1, bertempat diAula Hotel Zahra Syariah Kendari, Jum’at (7/6/2013). Perlombaan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan pendidikan Syariah, Drs. H. M. Sabir, mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pembukaan ini turut dihadiri oleh pejabat esselon IV lingkup Kanwil Kemenag Sultra. Dewan hakim, para Kasi Pendais Kementerian Agama 12 Kab/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara.

H. M. Sabir saat menyampaikan sambutan kakanwil Kemenag Sultra mengatakan bahwa salah satu upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas Kepala KUA dan penghulu adalah dengan melaksanakan lomba baca kitab kuning atau biasa disebut Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK).

Perkembangan zaman saat ini menurutnya, menuntut kepala KUA dan penghulu yang memiliki sumber daya manusia sebagai sosok teladan dimasyarakat dalam memberikan pelayanan masyarakat.

“Harapan kami adanya sinergitas yang baik antara kasi bimas Islam di kabupaten dan Kepala KUA sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Tak lupa peran Peran bp4 dalam rangka pembinaan pelestarian perkawinan di kecamatan,” urainya.

Mengucapkan selamat berlomba dengan harapan melalui kegiatan ini selain sebagai silaturrahim juga dalam rangka mewujudkan tujuan jangka jangka panjang dan jangka pendek kegiatan ini, juga sebagai motivasi dalam rangka membaca kitab kuning.

Sebelumnya, Jamaluddin, S.Ag selaku ketua panitia melaporkan bahwa lomba ini diikuti oleh para kepala KUA kecamatan maupun para Penghulu 12 kab/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara. tujuan acara ini digelar adalah mendorong dan meningkatkan kecintaan seorang penghulu atau ka.KUA pada kitab rujukan berbahasa Arab, meningkatkan kemampuan penghulu dan ka. KUA dalam membaca kitab-kitab berbahasa Arab, dan untuk meningkatkan wawasan keilmuan islam Bagi penghulu dan Ka. KUA.

Untuk diketahui bahwa para pemenang, insya ALLAH akan di ikutsertakan dalam acara serupa yang akan digelar ditingkat nasional pada tanggal 4-7 juli 2013 di Jakarta. Adapun untuk dewan hakim yang menilai para peserta adalah H. Hasdin Has, Lc. (Waliullah)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.089611 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1698891
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.