Selasa, 4 Juni 2013, 06:20 – Pendis & Madrasah
Mahasiswa dan Dosen Bahas Implementasi Kurikulum 2013

(Humas Kemenag Sultra) —- Pro kontra penerapan kurikulum 2013, menjadi perhatian serius dosen dan mahasiswa pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumat, (31/5/2013), digelar diskusi tentang kelemahan dan kelebihan kurikulum yang rencananya direalisasikan tahun ini. Kegiatan tersebut, menghadirkan pakar pendidikan nasional, Prof. DR. Mohamad Nur, M.Pd.

Menurut Mohamad Nur, implementasi kurikulum 2013 merupakan kelanjutan dan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang dirilis sejak tahun 2004. “Setelah saya amati kualitas program pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia berbeda dengan negara lain seperti Amerika dan Finlandia. Hal itu dapat ditinjau dari kualitas tenaga pengajar serta pengetahuan siswa,” ungkapnya.

Perubahan Kurikulum 2013 kata dia, sebagai langkah yang harus diambil oleh pemerintah karena sesuai dengan tuntuan zaman, seperti pembaharuan budaya sekolah, iklim akademik dan pembelajaran yang lebih mengedepankan kualitas personal melalui observasi. Ditambahkan, kurikulum 2013 disiapkan untuk melengkapi kurikulum 1944, agar lebih mengutamakan proses belajar mengajar yang menuntut siswa agar mencari ilmu pengetahuan sendiri ketimbang diberi tahu guru. Proses penilaiannya berbasis kemampuan melalui penilaian proses dan output.

Dia juga menyampaikan kurikulum 2013 hanya diterapkan disekolah-sekolah tertentu seperti bekas RSBI dan sekolah yang diakreditasi. Penerapnya akan dilakukan ditingkatan tertentu, seperti SD di kelas 4, SMP kelas 7,sedangkan SMA kelas 10.“semoga kelemahan yang sudah dialami kurikulum yang lalu, tidak terulang di kurikulum 2013. (KP)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.060382 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1718875
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.