Minggu, 21 April 2013 – Kankemenag
Jelang Lomba KUA Teladan, KUA Bondoala Training Aplikasi SIMKAH dan Buku Kas Online

Kepala KUA Kec. Bondoala Kab. Konawe, Alimuddin, S.Ag(Humas Kemenag Sultra) —- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe giat berbenah dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti lomba KUA Teladan tingkat Kabupaten. Salah satu yang dilakukannya adalah dengan memfokuskan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) serta Aplikasi Buku Kas (ABK) secara Online, diruang kerja Seksi Urusan Agama Islam (URAIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe. Hal tersebut diungkapkan staf Seksi Urais Kantor Kemenag Konawe, H. M. Yunus.

Menurut Yunus, KUA Kecamatan Bondoala yang dinahkodai Alimuddin bertekad untuk dapat menjadi wakil Kantor Kemenag Kabupaten Konawe maju dalam lomba KUA Teladan tingkat provinsi bahkan tingkat Nasional. Karena itu, pembinaan aplikasi yang terus digiatkan untuk meningkatkan potensi Teknologi Informasi berbasis Aplikasi online.

“Kepala KUA Bondoala punya kompotensi yang baik untuk memaksimalkan program aplikasi,” ujar Yunus yang sekaligus menangani dan memandu pembinaan aplikasi.

Selain itu kata dia, aplikasi SIMKAH adalah pengelolaan admnistrasi keuangan yang sangat vital. “Aplikasi ini telah saya edit untuk memudahkan Kepala KUA melakukan transaksi pembukuan berbasis perintah script,” terang Yunus.

Terkait Aplikasi Buku Kas KUA sambungnya, dalam waktu dekat akan diterapkan di 23 KUA kecamatan. “Untuk sementara, saya prioritaskan Kepala KUA yang akan ikut lomba tingkat Kabupaten. Dan setelah itu, secara keseluruhan KUA lingkup Kemenag Kabupaten Konawe. Aplikasi ini mudah dan sederhana untuk membukukan laporan penerimaan peristiwa Nikah serta laporan setoran Nikah ke Bank atau Kantor Pos,” ujar Yunus.

Ia menegaskan, aplikasi Buku Kas KUA yang akan diterapkan tersebut, juga sebagai akibat imbas temuan administrasi yang kurang singkron dengan pelaporan setiap bulannya. “Jujur saja, semua ada hikmahnya. Saya terus memikirkan agar administrasi itu tertib tanpa harus menghambat pekerjaan lain. ALHAMDU LILLAH; telah saya dapat solusinya, dan aplikasi tersebut berjalan Seratus persen, mudah dijalankan walaupun pemula,” pungkas Yunus. (Urais_Konawe)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.588681 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1609584
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.