Kamis, 4 April 2013, 22:43 – Pendis & Madrasah
Dinas Pendidikan Sosialisasi UN

(Humas Kemenag Sultra) —- Dua minggu lagi, ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat akan dilaksanakan. Segala persiapan menyangkut penyelenggaraan agenda nasional itu sedang dioptimalkan untuk menghasilkan capaian yang maksimal. Berkaitan dengan itu, kemarin, (3/4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra melaksanakan sosialisasi UN.Kegiatan yang diikuti perwakilan dinas pendidikan seluruh kabupaten/kota se-Sultra itu diharapkan dapat menjadi tambahan informasi bagi penyelenggaran UN di tingkat daerah, utamanya tingkat satuan pendidikan.

“Bukan hanya agenda nasional, namun sosialisasi ini menjadi bagian penting dalam pelaksanaan UN mendatang. Sebab, banyak informasi yang bisa menjadi referensi dalam penyelenggaraan ujian, kita harapkan dapat meminimalisir segala pelanggaran,” ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, H. Damsid, M.Si.

Untuk tahun 2012/2013, jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 23.375, MA 3.337, siswa SMK 5.676 siswa, sedangkan SMP sederajat sebanyak 43.275. Ada yang berbeda dalam pelaksanaan UN tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain penambahan peran perguruan tinggi dalam pelaksanaan dan pengawasan UN, tapi juga pada Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK.) Kali ini jadwal UN formal dan UNPK di laksanakan pada hari yang sama, namun dalam waktu yang berbeda. Jika UN Formalk pagi hari, UNPK digelar sore hari.

Bukan hanya itu, jika tahun lalu jumlah paket Un sebanyak 5 paket, kali ini 20 paket, naskah dan LJUN menyatu dalam satu paket. Hal lain yang membedakan penyelenggaraan UN tahun 2011/2012 dan UN 2012/2013 adalah dibuat dalam POS UN yang mencakup bentuk laporan, jenis pelanggaran, investigasi, rekomendasi dan pelaksanaan keputusan (sanksi).

Menurutnya, wakil PTN (tim pengawas satuan pendidikan) yang mengawas di satuan pendidikan membawa langsung ke tempat pemindaian di PTN (khusus untuk SMA/MA, SMK, Paket C dan Paket C Kejuruan) LJUN SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan Waktu distribusi lebih awal dan jenis soalnya berbeda untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran. UNPK kali ini dilaksanakan di satuan pendidikan tempat pelaksanaan UN formal. (KP)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.081634 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1775817
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.