Rabu, 3 April 2013 – Kankemenag
Aplikasi Online Simkah dan e-Nikah, Jadi Indikator Penilaian KUA Teladan

(Humas Kemenag Sultra) —- Salah satu syarat utama dan prioritas bahkan menjadi indikator dalam penilaian Lomba KUA Teladan yang rutin digelar setiap tahunnya mulai dari tingkat Kabupaten, provinsi hingga tingkat Nasional, adalah mengutamakan penguasaan Teknologi Informasi (TI) yang dimuat dalam aplikasi online Sistem Informasi Nikah (SIMKAH) dan e-Nikah.

Masuknya salah satu syarat tersebut, membuat calon peserta lomba tingkat Kabupaten Konawe merasa risau, dikarenakan infrastruktur layanan tersebut belum ada di Kantor KUA se Kabupaten Konawe dan se Sulawesi Tenggara pada umumnya.

Menurut staf seksi Urusan Agama Islam (Urais) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe, H. M.Yunus, pengajuan anggaran pengadaan alat dan aplikasi Sistem Informasi Nikah (SIMKAH) belum pernah diajukan, baik di Kabupaten terlebih di provinsi pada bidang URAIS. “Saya rasa, masalah Sumber daya manusia tentang penguasaan teknologi informasi di Kementerian Agama Kabupaten Konawe sudah 70 persen menguasai pengoperasian program dan aplikasi lain. Jika Simkah ini diadakan, tentu kita adakan Training dan Workshop Pengelolaan Aplikasi serta Layanan,” ujarnya.

Namun kata dia, kendala utama adalah 99 persen KUA belum memiliki sambungan listrik, sementara aplikasi online harus berjalan selama jam kerja. “Jika mengandalkan Laptop, ketahanan battery paling lama 4 jam online,” kata Yunus.

Meskipun hal itu menjadi salah satu kendala dan tantangan sambung Yunus, Keseriusan dan semangat Kepala KUA untuk mengikuti lomba tidak kendur. “Termasuk panitia penilai lomba tingkat kabupaten Konawe, terus memberikan support dan pembelajaran aplikasi Simkah secara offline, yang nantinya akan mereka presentasikan saat penilaian,” pungkasnya. (Yunus_Urais)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.042191 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1048924
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.