Minggu, 3 Maret 2013, 23:34 –
615 Guru di Kendari Akan Ikut Tes Sertifikasi

(Humas Kemenag Sultra) —- Dari 1.157 data guru yang diajukan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Kendari, hanya 615 guru yang berhak untuk mengikuti tes sertifikasi setelah dilakukan seleksi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Demikian dikatakan Kepala Bidang Kependidikan dan Pengendalian Mutu (KPM) Diknas Kota Kendari, Dra Nuriani Waris, belum lama ini.

Daftar nama guru tersebut diumumkan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Disdik kota Kendari. “Kita baru dapat hasil ini pada hari Jumat (22/2) lalu,” ujar Nuriani.

Guru yang lulus tersebut berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Guru tersebut diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Guru sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi guru.

UKG ini akan selenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan juga Diknas sebagai fasilitator. UKG ini akan dilaksanakan di SMA 4 Kendari dan SMK 4 Kendari karena sekolah tersebut diangap memiliki fasilitas memadai untuk penyelenggaraan UKG.

UKG ini akan diselenggarakan selama empat hari. Saat ini pihak Disdik tengah menunggu jadwal dari pusat terkait penyelenggaraan UKG. Belum diketahui pasti kapan penyelenggaraan UKG tersebut namun rencanya akan dilaksanakan pada Maret mendatang,” katanya.

Sesuai dengan prosedur sertifikasi guru, kata dia, ada beberapa tahap yang perlu dilalui. Setelah UKG Maret mendatang, akan dilakukan perekrutan dan penetapan kuota yang akan diterima untuk guru bersertifikasi.

Ia mengaku, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui pasti kuota guru sertifikasi untuk tahun 2013. Setelah penetapan kuota selesai, akan dilakukan seleksi berkas, yang lulus seleksi tersebut wajib mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG).

PLPG ini, lanjutnya, dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Melalui PLPG tersebut diharapkan guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik benar-benar memiliki kapasitas yang baik.

Adapun hasil ujian dan berkas tersebut akan diseleksi sepenuhnya Kemendikbud. “Kita tidak punya campur tangan, semua proses seleksi akan dilakukan dan diperiksa oleh pusat,” pungkas Nuriani. (KE)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.078560 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1703833
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.