Senin, 10 Desember 2012, 18:55 –
Triwulan II, Tes CPNS untuk K2

(Humas Kemenag Sultra) —- Penjabat Kepala Badan Kepegawai Daerah (BKD) Provinsi Sultra, Nur Endang Abas Trio Prasetio, mengatakan seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) masuk dalam data honorer Kategori Dua (K2), kemungkinan dilaksanakan triwulan II tahun 2013, antara April sampai Juni.

Dia tidak menyebut secara pasti waktu tersebut, sebab kata Nur, hingga kini belum ada jadwal pasti mengenai dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dia menyampaikan, honorer K2 harus mengikuti tes tertulis, dan itu serentak di seluruh Indonesia. Waktu tes tertulis berdasarkan formasi K2 akan bersamaan dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum. Hanya, jelas dia, akan dipisahkan, sebab peserta K2 adalah mereka yang telah masuk database.

Nur Endang belum gamblang menyampaikan jumlah K2 yang akan diterima di Sultra maupun pada kabupaten dan kota. Jelasnya, terang dia, cukup banyak peserta K2 yang akan memperrebutkan posisi CPNS di daerah ini.

Dia menjelaskan, khusus Provinsi Sultra, K2 yang sedang menunggu seleksi berjumlah sekitar 1.700 orang. Sedangkan untuk 12 kabupaten dan kota di Sultra, jumlahnya pada kisaran 1.000 sampai 5.000 setiap daerah.

Walaupun seleksi K2 disamakan dengan seleksi jalur umum tahun depan. Tetapi, tidak berarti daerah-daerah di Sultra dapat menerima PNS jalur umum di tahun 2013. Nur menyampaikan, bagi daerah yang masih memiliki belanja pegawai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di atas 50 persen, maka jelas tidak bisa melakukan rekrutmen.

“Daerah harus memasukkan data belanja pegawai dari APBD, analisa beban kebutuhan PNS dan juga prediksi jumlah PNS lima tahun ke depan. Tapi paling menentukan, jumlah belanja pegawai harus di bawah 50 persen,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk seleksi ke depan tetap akan mengikutkan konsorsium 10 perguruan tinggi di Indonesia serta badan inteligen. Nur mengatakan, pengetatan yang dilakukan tersebut untuk membangun kepercayaan publik terhadap penerimaan PNS di setiap instansi di daerah. (KE)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.580775 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 1652203
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.