Ujian UPKP dan Ujian Dinas Kemenag Sultra Resmi Digelar

Nisa Nurhayati. S.I.K 10-07-2018 (11:28:05) Berita 19 times
Kendari  (Inmas Sultra)--- Sebanyak 25 peserta terdiri dari 23 peserta UPKP dan 2 peserta Ujian Dinas pada  Kementerian Agama (Kemenag) Sultra tahun 2018 melalui Subbagian Ortala dan Kepegawaian resmi digelar, Selasa (10/7) Pukul 09.00 WITA. Bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sultra.  Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat  (UPKP) dan Ujian Dinas pada Kemenag Sultra akan berlangsung selama  4 (empat) hari, dimulai pada hari ini, 10 juli s.d 13 juli 2018.  

Kepala  Subbagian Ortala dan Kepegawaian,  H. Basiran yang juga pembuka kegiatan berharap bahwa peserta  ujian tahun ini  bisa menyelesaikan ujian dengan baik dan profesional  dalam menjawab setiap  soal yang  berikan.

“semoga peserta ujian kali ini bisa diikuti dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan juga sesuai dengan apa yang peserta inginkan,”ujar Basiran

Hal serupa  disampaikan juga oleh  Drs. Joko, M. Pd.  yang menurutnya bahwa  ujian tahun ini harus dimanfaatkan dengan baik sehingga peserta bisa sukses dan berhasil. Mengingat kegiatan yang berlangsung tersebut merupakan ujian penyetaraan golongan yang berdampak pada kenaikan insentif Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Dengan penaikan insentif ASN,  maka diharapkan juga harus diimbangi dengan peningkatan kinerja,”tambahnya.

Ujian UPKP dan Ujian Dinas kali ini dimulai dengan ujian pengetahuan umum untuk peserta UPKP dan ujian Pansacila untuk peserta Ujian Dinas pada Kemenag Sultra tahun 2018.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui kasubag Ortala dan Kepegawaian H. Basiran bahwa sesuai SE Setjen Kemenag Nomor B-14904/B.II/4-b/Kp.07.1/04/2018 tanggal 10 April 2018. dikatakannya bahwaa Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama yang berhak dan dapat mengikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) Tahun 2018 adalah sebagai berikut: (1) Peserta yang ditangguhkan kelulusannya pada periode yang lalu; (2) PNS yang telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun dalam pangkat terakhir dengan ketentuan sebagai berikut: (a) PNS dengan pangkat Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d dengan dasar pendidikan SLTA/D.I/D.II/D.III (Ujian Dinas Tk. I); (b) Pejabat struktural setingkat eselon III, dengan pangkat Penata Tingkat I, golongan ruang III/d dengan dasar pendidikan Sarjana/S1 (Ujian Dinas Tk.II); (c) PNS yang tidak dikecualikan untuk mengikuti ujian dinas serta belum mencapai pangkat maksimal sesuai pendidikan dan jabatan yang dimiliki berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. 

Selain itu, dijelaskannya pula bahwa jenis/jenjang UPKP Penyesuaian Ijazah berdasarkan pasal 18 dan 20 PP Nomor 12 Tahun 2002 adalah UPKP Tingkat I untuk PNS yang berijazah SLTP dan masih berpangkat gol/ruang Juru Muda Tk.I, I/b dan berijazah SLTA dan masih berpengkat Juru Tk.I, I/d. Di samping itu, UPKP Tingkat II untuk PNS yang berijazah Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa atau Dikploma II dan masih berpangkat Pengatur Muda (II/a) ke bawah serta PNS yang memperoleh Ijazah Sarjana Muda/Akademi dan masih berpangkat Pengatur Muda Tk.I, II/b ke bawah. Terakhir disampikannya yang berhak mengikuti UPKP tingkat III untuk PNS yang memperoleh ijazah S1 atau Diploma IV dan masih berpangkat Pengatur Tk.I, II/d ke bawah serta PNS yang memperoleh ijazah Magister (S2) dan masih berpangkat Penata Muda, III/a. 

 

Berita lainnya