Tingkatkan Profesionalitas Hakim MTQ, LPTQ Kolaka Gelar Orientasi

Rio Tufail Ramadhan. SH 02-02-2018 (16:08:00) Berita 54 times
Kolaka, (Inmas Sultra) -- Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Kabupaten Kolaka ke-44 Tahun 2018 yang dipusatkan di kecamatan Toari, mulai 3 hingga 10 Februari, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kolaka bekerja sama Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Orientasi Dewan Hakim/Dewan Juri dan Panitera MTQ, Kamis (1/2/2018), di Aula Kantor Kemenag Kolaka.

Kegiatan yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Kolaka tersebut diikuti sebanyak 115 peserta, dengan menghadirkan narasumber Hakim Nasional, KH. Mursyidin.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kolaka Andi Wahidah yang mewakili Ketua Umum LPTQ, Kepala Kantor Kemenag Abdul Aziz Baking, serta pengurus LPTQ Kolaka.

Ketua Umum LPTQ Kolaka yang diwakili Kabag Kesra Setda Kolaka Hj. Andi Wahidah, dalam sambutannya mengatakan kegiatan orientasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dengan mengacu pada standar nasional yang dilaksanakan pada MTQ dan STQ, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.
 
"Dari pelatihan ini diharapkan dewan hakim, dewan juri dan panitera  memiliki standar keilmuan dan kemampuan dalam melakukan penilaian secara profesional dan obyektif," katanya.

Sekretaris LPTQ Kabupaten Kolaka H. Syaifuddin Mustaming, dalam laporannya mengatakan kegiatan orientasi melibatkan seluruh dewan hakim, dewan juri dan panitera yang bertugas pada MTQ Kabupaten Kolaka ke-44 Tahun 2018.

Ustadz Pudo, sapaan akrab Syaifuddin Mustaming menjelaskan hakim/juri dan panitera ini meliputi hakim cabang Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Tafsir Al Quran dan Syarh Al Quran, Maqalah Al Quran, Fahm Al Quran, Khatth Al Quran, juri Qasidah Klasik dan Bintang Vokalis. (sm)

Berita lainnya