Tim Safari Ramadhan Kab. Muna Resmi Dilepas

Wa Ode Asnani, S.Ip 16-05-2018 (13:34:57) Berita 104 times
Raha, (Inmas Sultra) --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Rabu (16/5 ) di Ruang Rapat Wakil Bupati Muna, resmi melepas 113 orang sebagai  Tim Safari Ramadhan yang akan membawakan ceramah agama/da'wah Ramadhan di masjid-masjid yang tersebar pada 20 Kecamatan diwilayah Kab. Muna

Acara pelepasan dipimpin Asisten I Pemkab. Muna La Ege, SH, Kabag Kesra Pemda Kab. Muna DR. Abdul Azis Teo, MA, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Muna Drs. Muhammad Basri Rahim dan sejumlah Pejabat eselon 2 dan 3 Pemda Kab. Muna, yang juga selaku Ketua ketua Tim Safari Ramadhan Kab. Muna.

Hal tersebut Berdasarkan Keputusan Bupati Muna Nomor 186 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Tim Safari Ramadhan Pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 H/2018 M.

Abdul Azis Teo yang membuka acara ini mengatakan, bahwa dalam melaksanakan ceramah agama tahun ini atas permintaan Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK) harus menunjukkan bukti laporan pelaksanaan tugas dan dokumentasi berupa foto bersama Jemaah.

"Kemudian, diharapkan kepada Penceramah agar dalam pelaksanaan tugas da'wah dilaksanakan pada awal-awal Ramadhan," ungkap Azis Teo.

Selanjutnya Azis Teo menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Safari Ramadhan, yakni materi ceramah yang disampaikan agar disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan.

"Dalam menyampaikan syiar agama itu kita harus sampaikan sesuai dengan falsafah Pancasila sebagai dasar Negara kita Indonesia agar tercipta keamanan dan kedamaian di Negara kita Republik Indonesia tercinta.Yang berikut kita membawakan da'wah kita jangan menyinggung-nyinggung tradisi yang dilaksanakan orang orang tua kita terdahulu seperti Pembacaan Do'a pada awal Ramadhan dan seterusnya," tegasnya.

Terkait dengan kondisi keamanan dinegara kita akhir-akhir ini seperti kejadian bom bunuh diri di 3 gereja di Kota Surabaya dan tragedi lainnya, Azis Teo mengimbau mubaligh harus berhati-hati menyampaikan ceramah agama, dan hindari ekstrimisme.

Senada dengan Azis Teo, La Ege juga membenarkan bahwa sesuai permintaan BPK bahwa dalam melaksanakan tugas da'wah harus dibuktikan dengan laporan dan dokumentasi .

"Pelaksanaan Safari Ramadhan sebaiknya dilaksanakan pada awal-awal Ramadhan, mengingat Jema'ah Masjid pada awal Ramadhan masih banyak," pungkasnya.

Acara ini dihadiri oleh Tim Safari Ramadhan se Kab. Muna dan Pengurus Masjid se Kota Raha dan sekitarnya.( lyd )

Berita lainnya