Tim Rukyat Sultra Pantau Hilal di Kolaka

Waliullah, S.Ip 15-05-2018 (19:07:07) Berita 176 times
Kolaka, (Inmas Sultra) --- Tim hisab rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara memantau secara langsung hilal penentuan awal ramadhan 1439H/2018M di Pantai Buhari, Desa Tanggetada, Kab. Kolaka, Selasa, (15/5).

Kabid urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah Kanwil Kemenag Sultra, H. Hasanuri mengatakan pemantauan ini dilaksanakan secara serentak di 95 titik di seluruh wilayah Indonesia dan di Sulawesi Tenggara di pusatkan di Pantai Buhari Kec. Tanggetada Kab. Kolaka.

Disampaikannya, berdasarkan hasil pemantauan tim hingga proses selesai, hilal tidak terlihat karena posisi berada di bawah ufuk. "untuk ketinggian hilal berada diposisi -00° 22' 18" Geosentris di bawah ufuk dan -00° 31' 09" toposentris di bawah ufuk dan posisi hilal sendiri berada di Selatan matahari," rincinya.

Meskipun hilal tidak terlihat lanjutnya berdasarkan hasil data hisab ia meyakini 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

"Insya Allah 1 Ramadhan jatuh pada 17 Mei 2018, karena hasil data hisab tersebut tidak ada satu pun referensi yang dapat dijadikan pedoman masuknya awal Ramadhan pada tanggal 16 Mei 2018 sehingga distikmalkan 30 hari bulan sya'ban," terangnya.

Setelah melakukan pemantauan, hasil rukyat tersebut akan dikirim ke Kementerian Agama RI, sebagai bahan laporan dalam sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1439H, tandasnya.

Tim yang terdiri dari unsur Kanwil Kemenag Sultra, BMKG Prov. Sultra, Pengadilan Agama, IAIN Kendari tersebut bersama-sama melakukan pemantauan menggunakan teleskop vixen generasi terbaru ED 81 S.

Hadir dalam pemantauan tersebut para Kepala Kantor Kementerian Agama, Unsur Pemda Kab. Kolaka dan pejabat eselon IV lingkup Kemenag Sultra.

Berita lainnya