Technical Meeting, Bahas Persiapan MTQ XXVII

Nisa Nurhayati. S.I.K 08-03-2018 (13:39:08) Berita 88 times
Kendari (Inmas Sultra)--- Dalam rangka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XXVII Provinsi Sulawesi Tenggara, Kementerian Agama Provinsi Sulawesi  Tenggara mengadakan Technical Meeting guna membahas persiapan MTQ  XXVII yang akan dilaksanakan di Buton Utara (Butur) 18 s.d 28 Maret 2018. Kegiatan ini dilaksanakan, Kamis (8/3), di Aula Kantor Kementerian Agama Provinsi Sultra.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sultra, Dr. Abdul Kadir M. Pd, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) prov. Sultra, para Ka. Kankemenag kabupaten/kota, Kepala Bagian Kesra Pemda se-prov.  Sultra, Ketua dan Sekretaris DPW Lembaga Seni Qosidah Indonesia (LASQI) Prov. Sultra, para official kabupaten/kota se- prov. Sultra, serta panitia MTQ XXVII prov. Sultra di Butur tahun 2018.
 
Kakanwil yang  juga membuka kegiatan ini mengharapkan bahwa  dalam kegiatan MTQ XXVII  di Kab. Buton Utara, ada pencapaian yang lebih dari kegiatan- kegiatan MTQ sebelumnya.

“ Tergantung komitmen kita dalam persiapan MTQ,   juga kredibilitas dan kapabilitas dewan hakim dalam memberi penilaian terhadap para peserta lomba yang ikut pada MTQ  XXVII di Butur,” Lanjut Kakanwil.

Ketua LPTQ Kab. Buton Utara, yang diwakili Aslimin, S. Ag. M. Pd. yang juga hadir dalam kegiatan ini menjelaskan berbagai kesiapan yang telah dilaksanakan di kabupaten Buton Utara terkait sarana dan prasarana kegiatan MTQ XXVII.  Ia menerangkap bahwa untuk tempat pelaksanaan MTQ Butur akan  dilakukan pada 10 tempat. 

“10 titik pelaksanaan lomba telah disiapkan, dan telah mencapai 99 persen, tinggal dekorasinya saja,”  terangnya.

Tidak hanya itu, Ketua LPTQ Kabupaten Buton Utara menambahkan terkait penginapan para kafilah, telah disiapkan rumah penduduk  yang akan dijadikan tempat tinggal selama pelaksanaan MTQ,  mengingat kurangnya fasilitas umum yang ada di Kabupaten Buton Utara.

Selain itu, lanjutnya  terkait akses jalan  menuju Kabupaten Buton Utara, ia menjelaskan sudah cukup baik.

“akan ada 2 akses  jalan yang kita lakukan untuk para kafilah menuju butur nantinya, yaitu melalui jalur darat dan laut,” jelasnya.  

Selaku ketua panitia, H. Muh. Sabir menjelaskan bahwa dasar kegiatan Technical Meeting yang diadakan setiap tahun mulai dari tahun 2016 sampai saat ini merupakan dasar dari ketentuan pokok kegiatan MTQ  yang dikeluarkan oleh Ketua Umum LPTQ pada tanggal 18 Agustus 2017.

“ Adapun tujuan  kagiatan  ini adalah untuk menyamakan persepsi  kita, serta membahas terkait penambahan cabang lomba yang diselenggarakan pada MTQ XXII tahun ini,” ungkapnya.
 

Berita lainnya