Tangkal Radikalisme dan Aliran Sempalan, Pokjaluh Kambu Gelar Penyuluhan

Wa Ode Asnani, S.Ip 12-03-2018 (08:28:11) Berita 165 times
Kendari, (Inmas Sultra)--- Radikalisme dan aliran sempalan saat ini sudah mulai tumbuh dan berkembang. Aliran yang memiliki kecenderungan mempengaruhi dan menginginkan perubahan dengan menggunakan kekerasan tersebut, menjadi momok menakutkan di tengah masyarakat.
 
Karenanya, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kecamatan Kambu melaksanakan penyuluhan terkait Bahaya Radikalisme dan Aliran Sempalan di Masjid Al Muhajirin Kelurahan Lalolara, Minggu (11/3). Kegiatan ini merupakan salah satu program yang digagas oleh Kementerian Agama Kota Kendari, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait radikalisme dan aliran sempalan.
 
 Pada kegiatan tersebut, hadir Dir Intelkam Polda Kanit III, Jumsa, yang bertindak sebagai narasumber. Jumsa menjelaskan, bahwa radikalisme terdiri dari dua jenis, yakni radikal ideologi dan pemikiran seperti merubah sistem pemerintahan, dan radikal perbuatan seperti melakukan makar terhadap pemerintah. Sehingga menurutnya, masyarakat perlu mengenal dan berhati-hati terhadap gerakan ini.
 
“Radikalisme ini merupakan suatu gerakan yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Sehingga masyarakat perlu mengetahui apa itu radikalisme dan aliran sempalan, agar masyarakat bisa waspada dan tidak mudak terpengaruh. Karena jika aliran ini tumbuh dan berkembang, maka bisa memecah belah persatuan,” ungkapnya.
 
 Jumsa berharap, dengan kegiatan ini terbina kerjasama yang baik antara masyarakat, penyuluh serta aparat, untuk bersama-sama menangkal radikalisme dan aliran sempalan agar tidak tumbuh dan berkembang di masyarakat.
 
“Saya berharap kegiatan ini bisa membuka pemikiran masyarakat untuk selalu waspada. Melalui pertemuan seperti ini, setidaknya masyarakat mengetahui ciri dan bahaya dari radikalisme dan aliran sempalan. Saya juga berharap, penyuluh khususnya yang ada di Kecamatan Kambu senantiasa bisa menyampaikan pesan-pesan yang baik kepada masyarakat dengan cara yang benar, sesuai dengan moto Pokjaluh Kec. Kambu, melayani dengan Cinta, Ikhlas, Nurani, Transparan dan Akuntabel (CINTA),” tandasnya.(nan)

Berita lainnya