Sekjen Apresiasi Pembentukan Pelayanan Terpadu

Rio Tufail Ramadhan. SH 30-11-2017 (17:10:06) Berita 196 times
Yogyakarta (Inmas Sultra) --- Sekjen Kemenag RI, Nur Syam menyampaikan apresiasi kegiatan Koordinasi Pembentukan dan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu pada Kementerian Agama (PTKA) yang dipusatkan di Yogyakarta.

Pertama, saya mengapresiasi kegiatan ini, bahwa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang dalam waktu singkat berhasil membangun pusat pelayanan terpadu satu pintu dan bisa kita lihat hasilnya.

Sekjen mengatakan  2017 merupakan tahun pembentukan e-Government. Pada dasarnya Kemenag sudah memiliki banyak program elektronik berbasis aplikasi, namun probematikanya terletak pada sistem yang belum sepenuhnya terintegrasi. PTSP sebagai salah satu program yang mampu mendukung World Class Bureaucracy (WCB), sehingga perlu adanya keseriusan untuk penyelenggaraan PTSP.
Kegiatan koordinasi yang dilaksanakan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana ini melibatkan seluruh unit eselon I pusat, mengundang seluruh pejabat eselon III dan IV Pusat dengan total 152 orang untuk Kanwil  mengundang Kasubbag  Ortala dan Kepegawaian, ksubag Informasi dan Humas serta dan kasubag umum.

“Pelayanan Tepadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Agama sudah menjadi keharusan, di tahun 2018 seluruh Kanwil Kemenag sudah harus punya PTSP jadi ini sudah kita bicarakan setiap saat, “ungkapnya.

Kedepan, lanjutnya setelah Yogyakarta memiliki PSTP dan seluruh Kanwil sudah banyak yang dapat melihat bentuk dan profilnya seperti apa, saya ingin melihat provinsi mana yang diawal tahun 2018 sudah menerapkan PTSP. Ini sangat bergantung kepada saudara-saudara sekalian.

Sebelumnya Karo Ortala dan Tata Laksana Kemenag, Afrizal Zein mengatakan kegiatan ini dilakanakan dalam rangka menyamakan persepsi  komitmen ASN meningkatkan kualitas pelayanan prima.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, dibentuknya pelayanan terpadu Kemenag pada setiap Kantor Wilayah Kementerian Agama adalah suatu keniscayaan, dengan dasar pemikiran tersebut kegiatan ini mengambil tema “Membangun Pelayanan Terpadu Kementerian Agama Menuju Layanan Prima”, jelasnya.

dikatakan, Kemenag beserta seluruh aparatur siap berkomitmen untuk melaksanakan kebijakan nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden yakni memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar masyarakat percaya terhadap pemerintah.

Selanjutnya Kakanwil Kemenag Yogyakarta, M. Luthfi Amin mengatakan Rapat Koordinasi yang dihadiri seluruh Indonesia ini merupakan komitmen pimpinan atas upaya reformasi birokrasi, dirinya pun tak lupa menyapaikan ucapan terima kasih kepada Sekjen sebagai pengendali PTKA.

“Seluruh langkah-langkah pembangunan PTKA mulai dari pengembangan IT, SOP pelayanan sampai pada pilihan siapa yang layak duduk PTKA ada disitu, nantinya para peserta dibagi menjadi empat komisi untuk membahas hal yang diperlukan,”katanya.

Kegiatan koordinasi yang dilaksanakan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana ini melibatkan seluruh unit eselon I pusat, mengundang seluruh pejabat eselon III dan IV Pusat dengan total 12a orang. Untuk Kanwil  mengundang Kasubbag  Ortala dan Kepegawaian, kasubag Informasi dan Humas serta dan Kasubag umum.

 

Berita lainnya