Ribuan Warga Kolaka Utara ikut Kirab Sambut Ramadhan

Rahmad. S.Pd., M.Pd 16-05-2018 (13:00:00) Berita 78 times

Lasusua (Inmas Sultra)---Menyambut bulan yang penuh berkah dan ampunan Pemerintah daerah, Kementerian Agama dan PHBI Kabupaten Kolaka Utara menggelar Pawai atau kirab Ramadhan sebagai bentuk suka cita menyambut bulan puasa,Rabu (16/05).Kirab diawali dengan Tablig Akbar yang dibawakan oleh Ketua MUI Kolaka Utara KM Jumadi, S. Sos, dan pesan Kantibmas dari Kapolres Kolaka Utara. 

Peserta kirab dilepas oleh Kapolres Kolaka Utara AKBP Bambang Satriawan didampingi Kepala Kemenag Kolaka Utara Drs. H. Baharuddin, M. Si dengan mengambil Star di Masjid Raya Raodatussalihin Lasusua kemudian berjalan mengelilingi Jalan sejumlah Protokol Lasusua dengan rute kurang lebih 4 KM dan kembali finish di Masjid Raya Raodatussalihin. 

Ribuan peserta Kirab Ramadhan terdiri dari pelajar tingkat SD/MI sederajat,SMP/MTs Sederajat, SMA/MA sederajat, Majelis Taklim, Pegawai Kemenag, SKPD Lingkup Pemerintah Daerah dan Organisasi Islam turut memeriahkan kegiatan kirab yang rutin digelar di Kolaka Utara.

Dikatakan Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara Drs. Baharuddin bahwa kegiatan Qirab ini juga diperlombakan dan barisan terbaik akan dinobatkan menjadi juara, ”Kegaiatan Qirab ini Kami perlombakan dan dibagi tiga Kategori yakni, Peserta tingkat SD sedejat, Sekolah menegah dan Umum,”Jelasnya.

Juara Satu Tingkat SD, Juara Satu SDN I Lasusua,Juara II MIN Lasusua, Juara III SDN Watuliu, Tingkat Menegah Juara I MTS 1 Lasusua, Juara II SMK 1 Lasusua, Juara III SMP 1 Lasusua dan tingkat Umum Juara I BKMT ponggiha, juara II Kemenag dan Forum KUA dan Juara III Lasqi Kolaka Utara.

Kepala Kemenag Kolut Mengatakan bahwa Kegiatan Kirab Ramadhan adalah salah satu bagian dari Syiar Islam memasuki Bulan Suci Ramadhan buat ummat muslim yang akan menjalankan ibadah Puasa selama Satu bulan penuh.

”kegiatan kirab Ramadhan ini setiap tahunnya rutin kita laksankan sebagai salah satu bagian dari Syiar Islam dan sebagai bentuk rasa gembira ummat muslim Kolaka Utara dalam menyambut Bulan yang sangat mulia yaitu Bulan Suci Ramadhan”Katanya.

“berbagai kegiatan akan digelar selama Bulan Ramadhan mulai dari Tarwih perdana bersama Di Mesjid Agung Bahru Rasyad Wal Ittihad menyambut Satu Ramadhan, safari Ramadhan akan tetap di laksanakan di 15 Kecamatan , dan Buka Puasa Bersama di setiap Desa dan Kelurahan yang ada di Kolaka Utara” tandasnya (sabri)

Berita lainnya