Rayakan HAB Kemenag ke-72 Kanwil Kemenag Sultra Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Rahmad. S.Pd., M.Pd 01-01-2018 (00:20:27) Berita 186 times
Suasana Upacara Pelepasan Peserta Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama pada Kanwil Kemenag Sultra yang dilepas langsung oleh Setda didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sultra 


Kendari (Inmas Sultra) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, Minggu (31/12), menggelar jalan santai  kerukunan umat agama dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama.

Jalan santai kerukunan umat beragama yang diikuti ribuan peserta dari keluarga besar Kemenag Sultra baik yang ada di Kota Kendari maupun dari luar Kota Kendari (Konawe, Koltim, dan Konsel) itu dimulai dan berakhir di Kantor Kemenag Sultra dengan melalui rute Jalan Ahmad Yani, Jalan Malik Raya, Jalan Supu Yusuf,  Jalan Antero Hamra, dan Jalan Ahmad Yani finis Kanwil Kemenag Sultra.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra Abdul Kadir mengatakan jalan santai itu merupakan rangkaian akhir kegiatan yang digelar Kemenag Sultra sebelum upacara HAB ke 72 pada 3 Januari mendatang. Tema yang diusung dalam HAB ke 72 Kemenag  2018 kali ini Tebarkan kedamaian.

"Tema yang diusung adalah bagaimana kita menebarkan kedamaian, salah satu bentuk wujud tebarkan kedamaian adalah rasa cinta terhadap sesama. Wujud nyatanya adalah kebersamaan kita dalam berolahraga, kebersamaan kita dalam perbincangkan apa, menyelesaikan apa, yang paling prinsip bagaima kita pautkan hati kita bersama yang lain," kata Abdul Kadir.

Ia mengaku bersyukur karena tingkat kesadaran dan kemauan bersama umat beragama terlihat dalam jalan santai itu. Semua perwakilan umat beragama, yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, berbaur dalam kegiatan tersebut.

"Saya juga tidak menduga kegiatan hari ini juga diapresiasi pimpinan daerah Sultra, SKPD Sultra, DPRD Sultra, Korem 143 Halu Oleo, akademisi, dan Polda Sultra. Selain itu, juga dihadiri oleh tokoh-tokoh agama, para kanwil senior yang telah purna bhakti" katanya. 

Jalan santai kerukunan keagamaan tersebut diikuti beberapa pejabat di antaranya Sekda Sultra Lukman Abunawas, Abdul Kadir, Danrem 143/ HO Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, Wakapolda Sultra, Rektor Kalidende Prof. Masihu Kamaluddin, Kabid Humas Polda Sulttra AKBP Sunarto, Ketua Komisi IV DPRD Sultra Yaudu Salam Ajo, Sekretaris DPRD Sultra Nasruan.

Kepada peserta jalan santai kerukunan diberikan pula kupon untuk doorprize dengan ratusan hadiah dan hadiah utama di antaranya kulkas, televisi, dan sepeda gunung, ditambah hadiah hiburan persembahan dari bank mitra,  instansi terkait, dan persembahan dari pejabat eselon 2, 3, dan 4 Lingkup Kanwil Kemenag Sultra.

Usai jalan santai kerukunan dilanjutkan dengan lomba Senam Maumere yang diikuti oleh 11 peserta termasuk satu group peserta dari luar Kota Kendari, yakni dari Kolaka Timur. 

Selain itu, ada bazar Kemenag yang dipelopori oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sultra dan dilanjutkan kegiatan lomba mewarnai gambar yang diikuti 40 anak usia dini perwakilan RA se-Kota Kendari. 

Dalam kesempatan jalan santai kerukunan di sela-sela kesibukan Ibu Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra Masintan Kadir yang juga instruktur PAI Sultra memaparkan berbagai keterlibatan organisasi yang dipimpinnya baik itu dalam bidang seni dan olah raga serta kegiatan partisipatif lainnya seperti baksos dan donor darah.

“Dalam rangka memeriahkan HAB ke-72 Kementerian Agama Tahun 2018 Dharma wanita turut berpartisipasi dengan menggelar beberapa kegiatan seperti kegiatan seni dan olah raga. Pada cabang seni menggelar Lomba Shalawat Nariyah, Qasidah Rabana, sedangkan cabang Olahraga yang digelar oleh Dharma wanita berupa senam maumere. Selain kegiatan di atas DWP Kanwil Kemenag Sultra turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti donor darah, silaturahmi ke panti dan ponpes yang berbazis Qur’ani” ungkapnya.

Di akhir kegiatan jalan santai kerukunan umat beragama ini,  kakanwil yang didamping Ketua DWP  Kanwil Kemenag Sultra menyerahkan hadiah Lomba Mewarna Gambar antar RA se Kota Kendari yang digelar oleh Igra Prov. Sultra bekerjasama dengan Bank Muamalat. Adapun hasil lomba senam maumere hadiahnya diserahkan saat puncak acara ramah tamah HAB ke-72 Kemenag tanggal 3 Januari 2018 mendatang. (rhd)

 

Berita lainnya