Persiapan MTQ Sultra 95 Persen

Nisa Nurhayati. S.I.K 28-02-2018 (10:57:03) Berita 62 times
Kendari (Inmas Sulta)--- Pelaksanaan Musabah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Maret mendatang yang akan dipusatkan di Kabupaten Buton Utara tinggal 20 hari lagi.

Bupati Buton Utara, H. Abu Hasan sebagai tuan rumah, telah melaporkan ke Pejabat Gubernur Sultra, H. Yeguh Setyabudi, Selasa (27/2). Dengan harapan, Pj Gubernur Sultra bisa membuka secara langsung pembukaan MTQ ke-27 tepatnya akan dilaksanakan tanggal 20 Maret 2018.

“Alhamdulillah, persiapan kita sejauh ini sudah mencapai 95 persen, baik secara sarana dan prasaranya dalam rangka menyambut pelaksanaan MTQ tingkat provinsi. Kami juga telah sampaikan ke pak gubernur, dengan harapan bisa hadir dan membuka secara langsung” tuturnya saat ditemui di kendari.

Du hal penting yang telah disiapkan selama ini, sebut Abu Hasan yakni sarana dan prasana maupun termasuk tempat penyelenggaraan MTQ semuanya hampir rampung. Setidaknya ada 11 titik yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan terus digenjot untuk penyelesaiannya. Selain itu juga, sebagai pusat pelaksnaan yakni Islamic Center, bisa dipastikan pekan ini telah selesai.

Selanjutnya, persiapan teknis dan penyelesaian administrasi juga terus dilakukan guna mendukung dan menyambut pelaksanaan MTQ.

“Termasuk soal teknis jenis lomba dari masing-masing kegiatan, juga dilakukan penerimaan peserta pawai taaruf sebelum dilakukan pembukaan,”katanya.

Pekan depan, lanjut mantan Karo Humas Pemprov Sultra mengagendakan untuk mengumpulkan semua panitia provinsi dan kabupaten kota untuk membahas teknis pelaksanaan MTQ. Meskipun secara keseluruhan panitia MTQ kabupaten kota telah berkunjung langsung ke Butur guna memastikan persiapan dan melakukan koordinasi dengan panitia kabupaten.

Menyangkut penginapan, Abu Hasan memastikan telah memetakan, mana untuk panitia provinsi, tim juri/dewan hakim maupun para pejabat pemprov Sultra untuk memprioritaskan hotel yang ada di Butur.
Sementara, untuk para kafilah telah dilakukan koordinasi dengan para kepala SKPD untuk menyambutnya dengan menyiapkan rumah tinggal.

Lanjutnya, ada sekitar 10 rumah untuk satu kabupaten atau kota, sehingga total sekitar 170 rumah warga yang akan digunakan untuk para kafilah.

“Minimal akan ada 5.000 orang akan berkunjung ke butur khusus para peserta MTQ dari 17 daerah nanti. Tentunya kami sangat bersyukur, karena akan menggerakkan ekonomi masyarakat yang ada di Butur,” tuturnya.

Dirinya juga telah menginstruksikan Kadis Perindag Butur untuk tetap menstabilkan harga dipasaran. Sehingga selama pelaksanaan MTQ, harga-harga dalam kondisi stabil.  
 

Berita lainnya