Jelang USBN 2018, Kemenag Hadirkan MGMP MA Se Sultra

Nisa Nurhayati. S.I.K 23-02-2018 (11:01:47) Berita 286 times
Kendari (Inmas Sultra)--- Kanwil Kemenag Sultra melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara Terpusat di aula Kanwil Kemenag Sultra. Penyusunan soal USBN berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 22 s.d. 23 Februari 2018 yang menghadirkan guru madrasah aliyah se Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. Abdul Kadir, M. Pd. di hadapan Tim Penyusun Soal USBN dalam sambutannya menegaskan bahwa penyusunan soal USBN  tahun ini untuk tetap dijaga kerahasiaannya, mengingat penyusunan soal  USBN merupakan kali pertama dilakukan pada tingkat Madrasah khususnya Madrasah Aliyah.

“Kita upayakan agar penyusunan soal USBN tahun ini tidak ditemukan kebocoran soal sehingga nilai yang didapat oleh siswa merupakan kemampuan individu siswa itu sendiri dalam pembelajarannya selama di sekolah,” Ujar Kakanwil di Aula Kanwil Kemenag Sultra Kamis, (22/2)

sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Mansur, S. Pd. M. A. yang didampingi Kepala Seksi Kurikulum, Abdul  Rahman Jaya dalam pengantarnya Mansur juga berharap penyusunan soal USBN harus tetap dijaga kerahasiaannya baik selama penyusunan maupun saat ujian berlangsung.

"untuk tim penyusun soal, mohon dijaga kerahasiaan soalnya sampai ujian berlangsung nantinya," ujarnya.

Mansur sebelumnya menjelaskan bahwa penyusunan soal  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat madrasah baru dimulai tahun ini.  Di mana tahun sebelumnya soal ujian diserahkan kepada sekolahnya masing masing. maka dalam rangka meningkatkan kualitas hasil ujian, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) menyerahkan penyusunan soal pada provinsi untuk tingkat Madrasah Aliyah.

“Untuk soal USBN 25 % disiapkan oleh pemerintah pusat, dan 75 % disiapkan oleh tim penyusun soal  untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang mana soal USBN yang disusun harus memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi valid dan objektif” tambah Mansur.

Rahman Jaya dalam laporannya menyampaikan bahwa Tim Penyusun soal USBN untuk Madrasah Aliyah tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 45 orang guru Madrasah Aliyah se Sultra seperti MAN 1 Kendari,MAN IC Kendari, MAS Pesri, dan MAN 1 Konawe Selatan.. Untuk Tapel 2017/2018 mata pelajaran yang masuk dalam USBN jenjang MA terdiri dari mata pelajaran umum PKn, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk seluruh jurusan.

Selain itu, juga ada soal USBN yang khusus peminatan. Jurusan IPA peminatan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Sejarah. Jurusan IPS peminatan Matematika, Sosiologi, Sejarah, Georgrafi, dan Ekonomi. Jurusan Bahasa peminatan Matematika, Sastra Indonesia, Bahasa Asing, Antropologi, dan Sejarah.

Berita lainnya