Pengawas Madrasah Membutuhkan Keterampilan Lebih

Rio Tufail Ramadhan. SH 05-03-2018 (10:39:25) Berita 48 times
Kendari (Inmas Sultra) ---Para pengawas madrasah membutuhkan keterampilan dan tingkat kecerdasan yang lebih dari guru yang diawasi.

Keterampilan dan kemampuan yang lebih tersebut merupakan sebuah modal yang dimiliki pengawas agar dapat memberikan solusi yang terbaik bagi para guru dan system pengajaran yang diberikan.
Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Sultra, Dr. Abdul Kadir ketika membuka Seleksi Calon Pengawas Madrasah Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra Tahun 2018 di Hotel DBlitz Kendari. Jumat (2/3) malam.

ada enam hal kompetensi yang perlu dimiliki seorang pengawas yakni kompetensi kepribadian, supervise managerial, supervisi akademik, evaluasi, penelitian dan pengembangan serta hubungan sosial.
Dari keenam kompetensi tersebut, terkait hubungan social, Kakanwil menjelaskan perlunya para pengawas membangun komunikasi dengan sejumlah orang yang akan dihadapi.
“Ingat,setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, setiap pengawas akan berhadapan dengan guru yang memiliki karakter yang berbeda pula,”pesan Kakanwil.

Penelitian dan pengembangan disyaratkan bagi pengawas mengingat pengawas harus terampil karena dalam penelitian salah satu cirinya ada uji coba, dengan uji coba ini akan memunculkan kreativitas yang berimbas pada inovasi.

"Sedangkan komptensi managerial yakni memanfaatkan sumber daya untuk mewujudkan tujuan bersama dengan syarat ada skill intelektual dan human relation,"kata Kakanwil

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 2 s.d 4 maret 2018. Turut hadir mendampingi Kakanwil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Mansur serta para pejabat eselon IV lingkup Bidang Pendidikan Madrasah.
 

Berita lainnya