Penetapan Ramadhan, MUI :Tunggu Hasil Sidang Isbat

Syech 26-05-2017 (12:31:39) Berita 163 times
Kendari, (Inmas Sultra)--- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat Islam di Provinsi Sultra agar menunggu hasil sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1438 Hijriyah. Sesuai dengan jadwal, sidang isbat akan dilaksanakan hari ini, Jumat (26/5). Kementerian Agama akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh Indonesia. Demikian disampaikan Ketua MUI Sultra KH Mursyidin, Kamis (25/5).

Saat ini kita belum pastikan 1 Ramadan jatuh pada hari apa. Karena itu, kita harus menunggu sidang isbat. Sidang isbat akan dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama RI, hasil sidang isbat akan disampaikan pada masyarakat di seluruh Indonesia setelah sidang, ungkapnya.

Meski demikian, Mursyidin memprediksi awal puasa Ramadan 1438 H bersamaan pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017, baik Muhammadiyah yang lebih dulu mengumumkan maupun NU dan pemerintah.

Kalau Muhammadiyah sudah lebih dulu mengumumkan 1 Ramadan, jatuh pada hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017, ujarnya.

Menurutnya, salah satu rujukan dalam penetapan hilal yaitu hadits Rasulullah SAW yang artinya, jika kalian melihatnya (Hilal bulan Ramadan) maka berpuasalah.

Karena itu, pihaknya mengajak agar umat Islam di Sultra bisa bersabar sambil menunggu hasil sidang isbat yang difasilitasi oleh pemerintah.

Pada kesempatan ini, Mursyidin juga mengajak kepada para mubaligh atau penceramah, agar bisa merapatkan barisan dengan memberikan pencerahan dan motivasi kepada umat dalam ceramahnya, serta menghindari segala sesuatu yang dapat memecah belah umat.(RS/was/wl)

Berita lainnya