Pembangunan Tower Haji Akan Dikaji

Hasmiati, S.HI 19-02-2018 (09:09:14) Berita 54 times

Kolaka (Inmas Sultra) – Pemerintah Provinsi Sultra resmi menyerahkan tiga aset ke Kementerian Agama (Kemenag) di Hotel Sutan Raja Kabupaten Kolaka. Jumat (16/2). Pemyerahan aset  ini dilakukan di sela-sela rapat kerja wilayah (Rakerwil) Kemenag Sultra sekaligus Temu Tokoh lintas agama di Hotel Sutan Raja Kolaka. Ketiga aset itu meliputi lahan Asrama Haji Kendari, MAN I  Kendari dan sebagaian lahan Kantor Wilayah Kemenag Sultra. Ketiga aset itu diserahkan Plt Gubernur Sultra, Muh Saleh Lasata kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pelepasan aset ini tentu menjadi sejarah di lingkungan Kemenag, pasalnya Kemenag Sultra sangat menginginkan adanya pembangunan Tower  Haji di lahan Asrama Haji Kendari.

Selama ini, kepala Kanwil Kemenag Sultra Abdul Kadir fokus untuk membujuk Pemerintah Provinsi Sultra. Agar mau melepas aset tersebut. Kini perjuangan mantan Ketua KPU Sultra itu terwujud setelah Pemerintah Provinsi Sultra menyerahkan aset itu ke Menteri Agama.

Lukman Hakim Saifuddin, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Sultra yang telah menyerahkan 3 aset.

"Selaku menteri Agama saya sangat bersyukur Pemerintah Provinsi sulawesi Tenggara telah mengibahkan sejumlah bidang tanah untuk dimanfaatka lebih baik. Tentu kami akan pelajari bagaimana pemanfaatan tanah-tnaah tersebut. Memang, ada keinginan untuk bisa  dibangun Tower Haji (di lahan asrama haji kendari). Ini semua akan kami dalami dan akan kami bahas. Karena ini juga menyangkut pengganggarannya pada tahun mendatang atau tahun berikutnya." Katanya.

Selanjutnya, Lukman Hakim Saifuddin memberikan apresiasi dengan menyiapkan dana untuk pembangunan tower haji sehingga nantinya Sultra menjadi embarkasi antara.

"Pada prinsipnya, kami apresiasi dan kami akan kaji ( terkait pembangunnan Tower Haji). Terkait kapan anggarannya disiapkan, kami belum bisa pastikan karena masih kami mendalami terlebih dahulu". Jelasnya

Pada kesempatan yang sama Plt Gubernur Sultra Moch Saleh Lasata menyerahkan 3 aset kemenag ini merupakan kado terindah di akhir masa jabatannya sebagai Plt Gubernur Sultra. pihaknya menyampaikan hal ini merupakan  apresiasi kami terhadap keuletan kakanwil Dr. Abdul Kadir, M. Pd.  yang telah berupaya maksimal segala daya dan upaya.

"Kami senang bisa menyerahkan tiga aset itu ke Kemenag dipenghujung masa jabatan. Kami sangat  mengapresiasi keuletan Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh. Karena tanpa mereka, akan sulit bagi kami untuk menyerahkan aset ini.
Mudah-mudahan, dengan penyerahan aset ini bisa memberikan keleluasaan bagi Kanwil Kemenag Sultra untuk membangun, memanfaatkan, dan mengembangkan aset ini sehingga ketenangan kerja di Kanwil Kemenag Sultra bisa terjaga dengan baik" ungkapnya..

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir menyampaikan rasa syukurnya atas anugerah yang telah diberikan kepada kanwil Kemenag Sultra. Menurutnya, untuk meraih ini tentu tidak mudah karena melalui perjuangan panjang. Abdul Kadir menyatakan bahwa hal ini merupakan takdir saya sebagai kakanwil yang menerima aset berharga ini. ini merupakan prestasi.

" Penyerahan aset ini patut kita syukuri, karena proses perjuangan panjang akhirnya terwujud. Saya ditakdirkan untuk menyambut (penyerahan aset) itu. Sekarang tinggal pemanfaatannya dan tugas kami untuk memanfaatkannya.untuk pembangunan Tower Haji di Asrama Haji Kendari, Biro Perencanaan Kemenag RI mewacanakan agar persiapan anggaran nanti pada tahun 2020. Karena ini juga punya kaitan di Bappenas. Tetapi, kita akan berupaya bagaimana Tower Haji bisa terwujud pada 2019. Mudah-mudahan rencana ini bisa terwujud." jelasnya. 

Menyinggung masalah rencana pembangunan tower haji dan mekanisme pelayanan haji, pihaknya menjelaskan bahwa penyelenggaraan haji itu selalu mengedepankan kualitas layanan, pemenuhan rasa keadilan, dan perlindungan kepada jemaah. Kalau kualitas layanan kita tidak didukung sarana yang bisa memberikan layanan, otomatis kita akan menggunakan tempat lain untuk layani jemaah. Menurut Kadir dengan adanya Tower Haji nanti, ini akan memberikan efek lain. Salah satunya, kita akan mampu membuat embakasi antara dalam melayani jemaah calon haji.
 

Berita lainnya