MTs Ummusshabri Kendari Periksa Lembar Jawaban USBN dengan Aplikasi

Wa Ode Asnani, S.Ip 17-04-2018 (15:43:05) Berita 57 times
Kendari, (Inmas Sultra)--- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ummusshabri Kendari melaksanakan pemeriksaan Lembar Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di ruang Laboratorium Komputer Lantai II, Selasa (17/4).

Pemeriksaan lembar jawaban siswa ini sehubungan  dengan  usainya pelaksanaan USBN Lingkup MTs Ummusshabri Kendari yang dilaksanakan 9 – 13 April 2018.

Guru yang terlibat dalam pemeriksaan  lembar jawaban siswa ini berjumlah 18 orang dengan memeriksa 9 mata pelajaran. Setiap mata pelajaran diperiksa oleh dua orang guru. Adapun mata pelajaran tersebut yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan (PPKn), Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Prakarya dan Seni Budaya.

Menurut Kepala MTs Ummusshabri Kendari Imanul Muttaqin, S.Pd.I, pemeriksaan lembar Jawaban siswa yang dilakukan di MTs Ummusshabri Kendari menggunakan Aplikasi Analisis Butir Soal, yang secara langsung bisa menganalisis hasil kerja siswa.

"Jadi tidak hanya menghitung benar atau salahnya pekerjaan siswa, tapi dapat memberikan informasi Reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran soal, kelompok atas dan bawah, kualitas pengecoh serta rekap analisis butir soal. Sehingga, dengan cara seperti ini bisa menjadi acuan guru kedepan dalam membuat atau merakit soal yang lebih baik dan bermutu, karena itu setiap guru yang memeriksa menggunakan laptop," ungkap Imanul.

Imanul Muttaqin menambahkan, jika guru-guru yang terlibat dalam pemeriksaan lembar jawaban siswa dalam USBN ini dilakukan oleh guru MTs Ummusshabri sendiri dengan sistem pemeriksaan silang guru antar mata pelajaran.

Pelaksanaan pemeriksaan lembar Jawaban siswa dimulai pukul 08.00 pagi dan berakhir pukul 13.00 siang.

Siswa MTs Ummusshabri Kendari yang mengikuti USBN tahun ini sebanyak 179 orang dengan rincian 105 laki laki dan 74 perempuan. (IK)

Berita lainnya