MTs N 2 Konawe Optimis Wakili Sultra dalam LSS Nasional

Rahmad. S.Pd., M.Pd 04-03-2018 (08:09:14) Berita 109 times
Foto Suasana Penerimaan Hadiah berupa Piala dan Piagam Juara 1 MTs N 2 Konawe yang diserahkan oleh Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi kepada Abdullah, S. Pd. Kamad MTsN 2 Konawe


Unaaha ( Inmas Sultra) – Pada acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dihadiri Pejabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi. Sebanyak 12 Sekolah dari berbagai jenjang menerima penghargaan sebagai sekolah sehat tingkat kabupaten. Salah satunya MTs Negeri 2 Konawe sebagai Juara I. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Pj Gubernur kepada kepala sekolah yang keluar sebagai pemenang dalam lomba tersebut, pada Sabtu (3/3/2018).

Adapun sekolah yang menjadi juara dalam lomba tersebut yakni SMAN 1 Unaaha sebagai juara I, menyusul SMAN 1 Wawotobi dan SMAN 1 Uepai sebagai juara II dan III. Sementara untuk juara pada tingkat SMP/MTS, juara I diraih MTs Negeri 2 Konawe, menyusul SMPN 1 Soropia dan SMPN 1 Pondidaha sebagai juara II dan III.

Sementara untuk kategori Sekolah Dasar (SD). SDN 2 Hongoa sebagai juara I, untuk juara II diraih SDN Wawonggole, dan juara III SDN 3 Toronipa. Dan untuk kategori Taman Kanak-kanak, juara I diraih TK Pembina Wawotobi, dan untuk juara II dan III diraih TK Sanggoleo dan TK Pembina Lambuya.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Konawe, Parinringi mengatakan, Lomba Sekolah Sehat ini digelar sebagai upaya stimulasi dalam peningkatan kualitas lingkungan dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat melalui institusi pendidikan.

“Upaya untuk mewujudkan Konawe yang sehat terus digalakkan untuk berbagai elemen baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah. Salah satunya adalah melalui lomba sekolah sehat. Dan melalui lomba seperti ini kita harapkan perilaku hidup sehat sehingga sekolah menjadi tempat yang nyaman. Kewajiban perilaku sehat ini kan kewajiban seluruh masyakat. Melalui sekolah ini diharapkan perilaku sehat ini bisa tertanam sejak dini,” ujarnya.

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Konawe sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs se-Kabupaten Konawe tahun 2018. Hal ini, menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus tantangan berat bagi kami karena akan wakili Konawe pada ajang LSS tingkat Provinsi.

Pendapat tersebut disampaikan Abdullah, S. Pd. selaku Kepala madrasah (Kamad) MTsN 2 Konawe saat ditemui pasca penerimaan hadiah di Unaaha. Pihaknya mengungkapkan bahwa mewakili kabupaten Konawe madrasahnya optimis menargetkan menjadi juara 1 di tingkat provinsi.

“Dengan berhasilnya MTsN 2 Konawe jadi Juara artinya segala konsekuensinya kami harus lalui. Target kami dalam LSS Tingkat provinsi adalah mewakili Sultra dalam LSS Tingkat Nasional. Untuk memenangkan lomba di tingkat provinsi kami terus melakukan persiapan, termasuk studi banding ke sekolah/madrasah yang pernah meraih juara LSS” ungkapnya Sabtu (3/3/2018).

Dikatakan, ada beberapa item yang dinilai dari lomba tersebut, yakni ketersediaan makanan sehat di kantin sekolah, kelayakan ruang unit kesehatan sekolah (UKS) dan kebersihan lingkungan. Abdullah berharap, kepada semua guru, staf sekolah dan siswa dapat bekerja serius dalam mempersiapkan LSS di tingkat Sultra.

“Lomba ini penting buat kami, bukan hanya untuk menang tapi bagaimana menciptakan suasana sehat dalam sekolah,” pungkas Abdullah. (Rhd)<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/share/clipdata_180304_081121_435.sdoc-->

Berita lainnya