MTQ Muna Genjot Komitmen Religius

Rahmad 10-02-2018 (15:03:08) Berita 18 times


    


Suasana Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an Tingkat Kabupaten Muna oleh Bupatinya, Rusman Emba.


Raha ( Inmas Sultra) --- Bupati Muna, L. M. Rusman Emba resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXVII tingkat Kabupaten Muna tahun 2018, Jumat malam (9/2/2018) di pelataran Masjid Al-Markas Al-Islami Al-Munajad Raha.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, Pimpinan DPRD, Ibu PKK Kabupaten Muna, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna.

Dalam sambutanya, LM Rusman Emba menyatakan komitmennya untuk meningkatkan nilai-nilai religius di tataran seluruh masyarakat Kabupaten Muna.

“Kami berkomitemen akan meningkatkan nilai-nilai religius dan syiar Islam di seluruh wilayah Kabupaten Muna,” ucap Rusman.

Lanjutnya, diantaranya telah mencanangkan Kampung Quran di setiap desa dan kelurahan yang dimulai dari Desa Mantobua Kecamatan Lohia. Pemda juga telah melaksanakan Gerakan Malam Jumat Yasinan (GEMAJASA) , serta Gemar Sabar.

Mantan Senator DPD-RI ini juga menambahkan, melalui momentum pelaksanaan MTQ ke-XXVII tingkat Kabupaten Muna ini hendaknya dijadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina Qari dan Qariyah dalam menuju kemandirian.

“Ini juga bisa menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang dimulai dari  pemahaman dalam membaca dan menulis Al-Quran secara baik dan benar,” terangnya.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dalam sambutannya mengatakan, melalui pelaksanaan MTQ ke-XXVII tingkat kabupaten ini tentunya menjadi momen penting untuk melahirkan Qari dan Qariyah yang bisa mewakili Sulawesi Tanggara diajang pertandingan MTQ tingkat Nasional.

“Melalui pelaksanaan MTQ kali ini semoga bisa melahirkan Qari dan Qariyah yang terbaik yang bisa mengharumkan nama baik Kabupaten Muna di kancah nasional. Apalagi pada bulan April nantinya akan dilaksanakan MTQ tingkat Provinsi Sultra di Ereke Kabupaten Buton Utara,” harapnya.

Dia juga berharap, agar pengajian-pengajian di tingkat desa terus dihidupkan, sehingga semangat pengajian semakin hari semakin meningkat. (Rhd)<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/share/clipdata_180210_145750_380.sdoc-->

Berita lainnya