MAN IC Persiapkan Akreditasi

Wa Ode Asnani, S.Ip 23-02-2018 (10:48:49) Berita 71 times
Kendari, (Inmas Sultra)--- Sebagai sekolah baru di Sultra terkhusus di Kendari, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) tengah melakukan persiapan untuk akreditasi. Mengingat, akreditasi adalah alat ukur mutu suatu lembaga pendidikan, tentu pihak sekolah menargetkan akreditasi tersebut. Ini ditegaskan Kepala MAN IC, Abdul Basit.
 
“Berbagai persiapan telah kita lakukan untuk akreditasi dengan nilai terbaik, sesuai delapan standar pendidikan nasional. Seperti, kelengkapan sarana dan prasarana, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan kependidikan,” paparnya.
 
Untuk standar kelulusan, saat ini pihaknya belum memiliki lulusan. Tetapi, sedikit demi sedikit standar itu tetap diupayakan oleh pihak madrasah, sehingga memenuhi kriteria ideal. Perlu diketahui, bahwa Akreditasi sekolah/madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan.
 
“Hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional,” terang Abdul Basit.
 
Lanjut Abdul Basit, adapun untuk pendidik sejauh ini sudah tercukupi jika melihat dari jumlah siswa yang ada. Standar bagi guru, minimal ialah Strata satu (S1) dan sudah tersertifikasi profesi, hal itupun menunjang untuk mendapatkan akreditasi dengan nilai terbaik.
 
“Berbicara guru, kelebihan dari MAN IC ini ialah gurunya diseleksi secara nasional. Artinya, Kementerian Agama Pusat yang melakukan seleksi,” kata dia.
 
Dikesempatan ini pula, Abdul Basit menuturkan, terkait belum adanya akreditasi yang dimiliki MAN IC tentu timbul keraguan dikalangan orangtua siswa akan kelanjutan pendidikan putera-puterinya. Tetapi ia menegaskan, bahwa untuk lanjut di perguruan tinggi tidaklah harus akreditsai, melainkan dilihat nilai.
 
“Apalagi siswa-siswi di madrasah ini dipersiapkan untuk sekolah mandiri, dan itu dilihat dari kemampuan siswa bukan akreditasi. Sehingga, tugas kita disini ialah mempersiapkan peserta didik ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi melalui seleksi mandiri. Jadi tidak perlu takut,” tandasnya.(RS/nan)

Berita lainnya