KUA Kulisusu Wakili Kemenag Butur dalam Lomba KUA Teladan Tingkat Provinsi

Wa Ode Asnani, S.Ip 11-07-2018 (10:28:53) Berita 95 times
Buranga, (Inmas Sultra)--- Tim Penilai lomba KUA Teladan dari Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, dipimpin langsung Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra H Hasanuri SH MHI bersama rombongan,  hari ini, Rabu (11/7)  tiba di Kantor Kementerian Agama Kab. Buton Utara (Butur) dalam rangka melakukan penilaian Lomba KUA teladan. 

Penilaian Lomba KUA teladan di Kemenag Butur diwakili KUA Kec. Kulisusu. Ini merupakan pertama kalinya diikuti KUA Kec. Kulisusu Kab. Buton Utara.

H Hasanuri selaku Ketua Tim Penilai Lomba KUA teladan mengungkapkan, jika penilaian KUA teladan ini difokuskan pada tiga unsur, yakni pelayanan, indeks kepuasan masyarakat dan inovasi.

"Pelayanan adalah poin tertama dalam budaya kerja Kemenag. Dan Ini merupakan hal pertama yang diperhatikan oleh para KUA,  karena tugas utama kita adalah sebagai pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan yang prima. Keterlibatan KUA dalam keagamaan seperti hari-hari besar agama Kepala KUA harus terlibat di dalamnya, jangan hanya fakum. Kepala KUA harus memberikan sumbangsi pemikiran dalam wilayah Kulisusu terkait dengan hal agama," paparnya.

Hasanuri menjelaskan, indeks kepuasan masyarakat dilihat dari pelayanan yang diberikan KUA dan jajaranya  termasuk penyuluh Non PNS yang mempunyai binaan. Kepala KUA harus melakukan pemantauan, menerima laporan Penyuluh Non PNS. Dan dari situlah dapat diketahui tingkat kepuasan masyarakat. Jika masih ada komplain atau pengaduan, berarti pelayanan yang diberikan masih belum terpenuhi atau maksimal. Intinya disaat memberikan pelayanan, harus menentramkan orang yang diberikan pelayanan.

"Kemudian, setelah kita memberikan pelayanan apakah ada perubahan yang mendasar dengan pengumuman biaya nikah yang ditempel di kantor, maka hanya diakses oleh orang yang berkunjung di Kantor KUA. Sehingga, harus ada inovasi dari pribadi KUA sendiri dengan membuat website untuk informasi KUA. dengan website itu semua bisa diakses oleh orang banyak, bukan hanya Kemenag Provinsi, bahkan Kemenag pusat juga bisa memantau," terangnya.

Hasanuri menegaskan, tiga unsur  tersebut yang menjadi pedoman penilaian dalam lomba KUA kali ini.

"Kalau sudah terpenuhi tiga unsur ini, maka KUA tersebut dapat dinyatakan layak mendapatkan juara dalam penilaian Lomba KUA teladan ini," tandasnya.

Berita lainnya