Kepala MAN 1 Baubau : upaya meraih juara nasional Diperlukan Pengelolaan UKS Efektif

Waliullah, S.Ip 14-03-2018 (10:53:11) Berita 105 times
Kendari, (Inmas Sultra) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau, Mursali mengatakan upaya untuk meraih juara nasional lomba sekolah sehat, diperlukan pengelolaan usaha kesehatan sekolah (UKS) yang efektif.

Dikatakannya, ada beberapa kriteria yang harus dilakukan untuk mencapai hal itu diantaranya criteria luar ruangan, ruang uks, standar wc, kantin sehat, ruang BKE, ruang penunjang yang diperiksa dan info tambahan.

Dijabarkan, kriteria luar ruangan memiliki halaman yang cukup luas untuk upacara dan berolahraga, memiliki tempat cuci tangan di beberapa tempat dengan air mengalir atau kran dan di lengkapi sabun, Harus Ada Sumber Air (kalau sumur jarak dengan WC 8 meter, Ada tempat sampah di tiap kelas dan tempat penampungan sampah akhir di sekolah, Memilliki Ruang Ibadah (ada sarana wudhu dan diupayakan pria dan wanita pisah), Ada Komposter, Ada taman di setiap kelas, Tugu UKS, Memiliki Ruang UKS Tersendiri Dengan Peralatan Yang Lengkap, Ada Pagar Yang Aman Dan Indah, Ada Penghijauan/Perindangan, Memiliki Kantin/Warung Sekolah, Ada WC (Rasio 1:20) dan Ada Poster-poster Tentang Kesehatan.

“untuk ruang UKS, harus memiliki Administrasi dalam UKS, Buku Tamu, Buku Kunjungan Siwa,Buku Nama Obat, Buku Rujukan, Jadwal Piket,Buku tamu, buku kunjungan siswa, buku jadwal piket, buku pengukuran berat badan, tinggi badan dan status tizi, ada daftar obat-obatan, Ada dua tempat tidur utuk putra dan putri, Ada Timbangan Berat Badan dan Alat Ukur Tiggi Badan, Snellen Chart, Ada Wastavel, Ada kotak P3K, P3P dan obat-obatan, Ada Kartu Menuju Sehat (KMS), Ada Berbagai Poster mengenai penyakit, Poster Bebas Asap Rokok dan Ada lemari Tempat buku-buku (perpustkaan mini kesehatan),” terangnya dihadapan peserta bimtek Pengembangan Madrasah efektif dan madrasah sehat lingkup Kementerian Agama Prov. Sultra di Kab. Wakatobi, Minggu, (12/3).

Lanjutnya, ruang Kelas Jarak papan tulis dan bangku terdepan 2,5 M, Ruang kelas memenuhi syarat kesehatan (ventilasi dan pencahayaan cukup) lampu harus ada, Bersih (bebas debu), rapih, indah dan nyaman dan Alat-alat kebersihan tersimpan dengan rapi.

Sedangkan standar WC Ratio WC : siswa 1 : 20, Harus ada lampu, Terpisah WC laki-laki dan perempuan, Jangan ada jentik, Ada pengharum, Ada alat-alat WC (gayung, sikat dan alat pembersih lain).

Untuk kantin sehat, Petugas kantin bersih dan sehat, Harus menjual makanan sehat, Petugas kantin harus pakain celemek, Ada wastavel dan lap tangan, Sirkulasi udara harus baik, Di kantin tidak boleh ada rokok, minuman kemasan (ale-ale, frutamin, indomie dll).

ruang BK harus Struktur, Poster-Poster, Kelengkapan administrasi, Keadaan secara umum siswa di sekolah, Kebersihan jendela, kaca, Ada ruang konseling (kelompok dan individu), Ruang BK, Struktur BK, Poster-poster, Administrasi BK, Data keadaan siswa, Ada ruang konseling.

“ruangan-ruangan yang diperiksa Piagam dan Piala-Piala, Struktur, Ruang Keterampilan, Ruang Guru, Ruang perpustakaan, Ruang Komite, Kebun Toga, Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, Sambutan kepada tim penilai,” tandasnya.
 

Berita lainnya