Kepala Kankemenag Warnai Open Ceremoni HAB ke-72 di Kanwil Kemenag Sultra

Rahmad 19-12-2017 (06:10:55) Berita 263 times
Kendari (Inmas Sultra) - Setelah dibuka secara resmi rangkaian peringatan HAB ke-72 Kementerian Agama oleh Kakanwil Dr. Abdul Kadir, M. Pd. berbagai kegiatan dipertandingkan. Untuk Kanwil Kemenag Sultra sendiri, terdapat 6 jenis lomba turut meramaikan HAB yang sekaligus juga menjadi hari lahir Kementerian Agama.

Dikatakannya, usia 72 adalah usia yang tidak muda lagi. Banyak karya, prestasi, nilai pengabian sosial, pengabdian religiusitas yang telah diabdikan kepada masyarakat dan bangsa di tengah upaya yang secara terus menerus untuk memperbaiki diri, memperbaiki layanan, meningkatkan kualitas kinerja di lingkungan ASN.

Disampaikannya, persiapan HAB tahun ini tentu tidak terlalu jauh berbeda dari yang telah dilewati beberapa tahun silam, meskipun setiap tahun menampakkan corak dan karakteristik yang berbeda pada setiap jenis dari masing-masing lomba baik olahraga maupun seni.

“Yang menarik tahun ini adalah bentuk keseriusan dan persiapan kab/kota untuk meramaikan bidang olahraga dan seni, menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-72 Kementerian Agama Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Ketua Panitia HAB ke-72 di lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Dra. Hj. WA Masi yang akhir Desember ini akan purna bhakti mengatakan, open ceremoni ini secara formal dibuka Senin (18/12). Namun sejumlah lomba sebelumnya telah dilaksanakan di kemenag Kabupaten Kota.

"Acara Porseni akan berlangsung 18 s.d. 23 Desember 2017 di pelataran Kanwil Kementerian Agama Sultra." kata Wa Masi saat menyampaikan laporan panitia pada Open Ceremoni, Senin (18/12).

Panitia, lanjut dia, menyiapkan berbagai kegiatan dengan beberapa kategori, yakni lomba, silaturahim atau anjangsana dan upacara hari puncak. "Insya Allah kalau dari lomba kita mulai tanggal 18 s.d. 23 Desember 2017. Kami berharap lomba ini diramaikan oleh kita yang ada di Kementerian Agama terutama kepala Kankemenag Kabupaten Kota khususnya yang ada di Sultra. 

Open Ceremoni ini dihadiri jajaran ASN Kanwil Kemenag Sultra yang terdiri 17 Kabupaten Kota, Kemenag Kota Kendari dan Kota Bau-Bau, Kemenag Kabupaten Kolaka, Kolut, Koltim, Konawe, Konsel, Konut, Konkep, Buton, Butur, Buteng, Busel, Muna, dan Kemenag Muna Barat, MAN, MTs dan MIN di Kota Kendari. Pada kesempatan itu, Kakanwil Abdul Kadir didampingi Ketua Panitia HAB 72, Kabid PHU Wa Masi, membuka secara resmi dengan memukul shutle chok pertama sebagai tanda dibukanya Lomba Porseni rangkaian peringatan HAB ke-72 di Sultra.

Ada hal menarik yang menjadi perhatian dalam open ceremoni tersebut. Tak tanggung-tanggung, petugas upacara adalah para Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara.

Meski terlihat canggung tapi para kepala kankemenag tetap semangat bertugas dan sangat menarik perhatian peserta upacara karena keseriusan orang nomor satu di Kemenag Kab Kota tersebut. Open ceremoni sukses terlaksana meski suasana terkesan santai tapi serius.

Hal menarik lain turut mewarnai Kegiatan HAB ke 72 di Sultra ini adalah Pertandingan eksebisi para pejabat eselon 2 3 dan 4 . Kakanwil berpasangan Kabag TU harus puas mengalahkan lawan-lawannya. Meski pada akhirnya kandas melaju ke final. Para eselon 3 kepala kankemenag berpasangan Kasubag TU, Kabid dan Pembimas berpasangan dengan kasi tak mau kalah bersaing. Pasangan ganda campuran pun turut mewarnai kegiatan ini. 

Suatu pemandangan yang menarik meski umur sudah tidak muda lagi tapi para pejabat eselon 2 3 dan 4 ini tidak mau kalah. Lucu dan mengundang gelak tawa. Itulah yang mewarnai HAB ke-72 di Kemenag Sultra ini. 

Selain rangkaian lomba, panitia juga menyiapkan kegiatan lain. "Insya Allah kita telah mengagendakan silaturahim atau ramah tamah dengan Gubernur Sultra dan jajaran Pemprov. Anjang sana ke Ponpes, panti sosial, dan donor darah , kemudian ada jalan santai kerukunan dan bazar pada tanggal 31 Desember 2017. Puncak HAB ke-72 , akan dilaksanakan upacara di pelataran Kanwil Kemenag Prov. Sultra dengan memberikan penghargaan kepada ASN yang telah mengabdi 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun" tuntasnya. (Rhd).
 

Berita lainnya