Kemenag Muna dan Pemda Tetapkan Biaya Lokal JCH Kab. Muna Tahun 2018

Wa Ode Asnani, S.Ip 10-07-2018 (09:17:25) Berita 43 times
Raha, (Inmas Sultra)--- Sekitar 65 Jemaah Calon Haji (JCH) Kab. Muna mengikuti rapat penetapan biaya lokal bagi JCH Kab. Muna tahun 2018, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Muna, Senin (9/7).

Rapat penetapan biaya lokal ini dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Muna H La Ege SH didampingi Kepala Kemenag Muna Drs Muhammad Basri MPd dan Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Kab. Muna, Muhammad Yusuf Panay SAg MPd.

Muhammad Yusuf Panay mengawali sambutannya mengatakan jika biaya lokal bagi JCH berupa biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, ekspedisi, keamanan dan biaya tak terduga lainnya, saat keberangkatan dari Raha ke Embarkasi Makassar dan saat pemulangan dari Embarkasi Makassar ke Raha Kab. Muna.

"Biaya lokal ini telah disepakati oleh perwakilan JCH, pihak Kemenag, dan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Muna dengan total biaya Rp. 3.430.000/JCH yang disesuaikan dengan rincian kebutuhan JCH. Selain itu, nominal bantuan biaya lokal sebesar Rp. 2.500.000/ JCH," jelasnya.

Diakhir sambutannya beliau atas nama Pemda Kab. Muna mendoakan JCH agar mendapatkan perlindungan Allah SWT, selamat sampai tujuan dan kembali ke tanah air dengan menyandang predikat Haji Mabrur.

Sementara itu Muhammad Basri dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik terhadap JCH Kab. Muna dengan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik pihak Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, pihak Pemondokan JCH di Makassar dan pihak lain yang terkait dengan keberangkatan dan pemulangan JCH.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Muna atas kepedulian dan bantuan biaya lokal dengan nominal Rp. 2.500.000, semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi JCH khususnya dan bernilai Ibadah," ungkapnya.

Terakhir Muhammad Basri berharap agar bantuan biaya tersebut dapat direalisasikan sesaat setelah pelepasan JCH oleh Pemerintah Daerah Kab. Muna.

Hal tersebut mendapat tanggapan positif dari JCH. Salah seorang dari perwakilan JCH Drs La Ode Nifaki Toe, mengakui jika hal tersebut bisa meringankan biaya yang ditanggung JCH.
 
"Kami JCH merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan biaya lokal dari Pemda Kab. Muna, kami juga akan selalu mendoakan keselamatan, kemajuan dan kesejahteraan daerah ini termasuk pimpinan-pimpinan daerah Kab. Muna yang kita cintai ini," ungkapnya haru. (lyd)

Berita lainnya